Follow by Email

Jumat, 19 Agustus 2011

SILABUS KELAS 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/I (satu)
Pertemuan Ke
: 1
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.       Mengapresiasi Karya Seni rupa


Indikator :
·      Mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa
·      Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·      Menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·      Membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi


I.   Tujuan Pembelajaran
·    Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa
·    Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·    Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·    Siswa dapat membedakan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi


II.   Materi Ajar
a.       Simbol seni rupa dua dimensi


III.   Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Praktik
  4. Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
  1. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Menonton dan mengamati karya seni rupa h
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi

V.   Sumber/Alat/Bahan
  • Buku paket SBK
  • Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
  • Standar Isi 2006
  • Model Karya seni rupa dua dimensi
  • Gambar dan foto karya seni rupa

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 2
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.       Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
·      Menceritakan simbol karya seni rupa dua dimensi
·      Menunjukkan keunikan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menceritakansimbol karya seni rupa dua dimensi
  • Siswa dapat menunjukkan keunikan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

II.   Materi Ajar
b.  Simbol seni rupa dua dimensi

III.   Metode Pembelajaran
1.       Ceramah
2.       Diskusi
3.       Praktik
4.       Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
5.    Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.    Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Menonton dan mengamati karya seni rupa dua dimensi
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas menceritakan kembali keunikan simbol-simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
2.       Membawa alat tulis, alat gambat, dan buku gambar

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa dua dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Buku gambar dan pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.

  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
2.       Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         

Indikator :
·         Membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri

II.   Materi Ajar
c.   Gambar bebas

III.   Metode Pembelajaran
1. Menggambar
2. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
3. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memberikan contoh-contoh gambar
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas membawa alat tulis, alat gambar, dan buku gambar

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Cat warna/pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.


  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi.




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 4
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
2.       Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         

Indikator :
·         Mengelompokan gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat
·         Menunjukan keunikan gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat
·         Membuat gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengelompokkan gambar dekoratif dan motif  hias daerah setempat
  • Siswa mampu menunjukan keunikan gambar dekoratif dan motif  hias daerah  setempat
  • Membuat gambar dekoratif dan motif  hias daerah setempat

II.   Materi Ajar
      d. Gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat

III.   Metode Pembelajaran
1. Menggambar
2. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
3. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memberikan contoh-contoh gambar
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas membawa alat tulis, alat gambar, dan buku gambar

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Cat warna/pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.


  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 5
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI MUSIK
3.       Mengapresiasi Karya Seni Musik

Indikator :
§  Menyebutkan simbol nada
§  Mengidentifikasi simbol nada  dalam lagu sederhana

I.   Tujuan Pembelajaran
·     Siswa dapat menyebutkan simbol nada
·     Siswadapat mengidentifikasi simbol nada dalam lagu sederhana

II.   Materi Ajar
       a. Tangga nada Diatonis

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Menyanyikan lagu pendek anak-anak oleh siswa
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.    Praktik
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa tulisan siswa
2.       Membawa alat musik melodis

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Alat musik melodis

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja :  -
c.       Produk (hasil kerja) : Laporan hasil diskusi























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu))
Pertemuan Ke
: 6 – 7
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI MUSIK
3.       Mengapresiasi Karya Seni Musik

Indikator :
·      Menjelaskan elemen musik ansambel
·      Menghubungkan antara simbol  nada dengan elemen musik
·     Menjelaskan tempo dalam lagu
·     Menghubungkan antara nada dengan tempo dalam lagu
·     Mengidentifikasi tempo dalam lagu
·     Bernyanyi dalam berbagai tempo
·     Menyimak Penjelasan dari guru atau alat peraga melalui viduo visual.


I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan elemen musik ansambel
  • Siswa dapat menghubungkan antara simbol  nada dengan elemen musik
  • Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis tempo dalam lagu
  • Siswa dapat menghubungkan antara nada dengan tempo dalam lagu
  • Siswa dapat mengidentifikasi tempo dalam lagu
  • Siswa dapat menyanyikan lagu dalam berbagai tempo
  • Siswa dapat menyimak penjelasan dari guru atau alat peraga melalui viduo visual.


II.   Materi Ajar
a.       Melodi, ritme Berirama 4/4 dan ¾
b.       Jenis Tempo

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
·         Apersepsi
·         Salam pembuka
·         Mengabsen siswa
·         Menyanyikan lagu pendek daerah
·         Menyanyikan lagu pendek pilihan
·         Mendengarkan lagu dalam kaset
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Menganalisis tempo dalam berbagai lagu
4.       Diskusi, dan praktek
☺ Kegiatan Akhir

1.       Mempersiapkan salah satu buah lagu
2.       Membawa kaset
3.       Membawa alat musik ritmis

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD ansambel
·         VCD/tape recorder
·         Alat-alat rumah tangga (dapur)

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
    1. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
    2. Unjuk kerja :  Bernyanyi secara berkelompok.
    3. Produk (hasil kerja) : Laporan hasil diskusi












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 8 – 9
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI MUSIK
4.       Mengapresiasi Mengekspresikan Diri Melalui Karya  Seni Musik

Indikator :
·         Memainkan salah satu alat musik ritmis
·         Menyebutkan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak
·         Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu memainkan salah satu alat musik ritmis
·         Siswa dapat menyebutkan lagu wajib, lagu  daerah, dan lagu anak-anak
·         Siswa mampu menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak

II.   Materi Ajar
d.       Musik kaleng
e.       Bernyanyi

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis









IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memberikan contoh bermain alat musik ritmis sederhana dengan hitungan, 8, 4, 2, 1
5.       Mengarahkan siswa untuk mengikuti
6.       Setiap kelompok tampil ke depan
7.       Mendengarkan lagu
8.      Memberi tugas
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Memberikan contoh kepada siswa  cara memainkan alat musik ritmis
4.       Megarahkan kepada siswa untuk mengikuti secara bertahap
5.       Mengarahkan kepada siswa untuk melakukannya secara keseluruhan, dan berulang-ulang
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memberikan tugas membawa buku lagu-lagu daerah, wajib dan anak-anak, kaset lagu daerah, wajib dan lagu anak-anak
2.       Memeriksa tugas siswa
3.       Tugas menuliskan dua buah lagu wajib yang belum didengarkan di kelas

V.   Sumber/Alat/Bahan
  • Buku paket SBK
  • Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
  • Standar Isi 2006
  • Gambar dan foto karya seni rupa
  • Indtrumen musik sederhana
  • VCD/tape recorder
  • Buku Kumpulan Lagu-lagu Daerah

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja :  Bernyanyi secara individu dan berkelompok.
c.        Produk (hasil kerja) : Laporan hasil diskusi







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu))
Pertemuan Ke
: 10 – 11  
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI TARI
5.  Mengapresiasi Karya Seni  Tari

Indikator :
·         Menjelaskani simbol dalam seni  tari
·         Mengidentifikasi simbol dalam seni tari
·         Menulis simbol dalam seni tari
·         Menceritakan simbol yang terkandung dalam karya seni berdasarkan pengamatan terhadap  pertunjukan
·         Mengidentifikasi simbol yang  terkandung dalam karya seni berdasarkan pengamatan terhadap  pertunjukan

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskani simbol dalam seni  tari
·         Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam seni tari
·         Siswa dapat menulis simbol dalam seni tari
  • Siswa mampu menceritakan simbol yang terkandung dalam karya seni berdasarkan pengamatan terhadap  pertunjukan
·         Siswa mampu mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni berdasarkan pengamatan terhadap  pertunjukan

II.   Materi Ajar
a.       Simbol dalam seni tari
b.       Menonton pertunjukan

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Menonton Pertunjukan
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mengarahkan siswa untuk membaca buku
5.       Menonton pertunjukan tari
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
3.       Memberikan contoh-contoh simbol dalam tari
4.       Mengarahkan siswa untuk menulis simbol-simbol yang terdapat dalam seni tari
5.       Mengarahkan siswa untuk berdiskusi
6.       Tanya jawab
☺ Kegiatan Akhir

1.       Mengecek tugas siswa
2.       Tugas membawa gambar-gambar tari
3.       Test praktik

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menonton.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja :  Bercerita secara individu
c.        Produk (hasil kerja) : Laporan hasil menyimak pertunjukan











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 12 – 13 
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI TARI
6.   Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari

Indikator :
§  Menguasai salah satu tarian bertema tanpa iringan

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menguasai salah satu tarian bertema tanpa iringan

II.   Materi Ajar
a.       Menari

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Pertunjukkan
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Praktik

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.      Memperlihatkan pertunjukan tari daerah melalui VCD tari
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Memberikan contoh tari
4.       Mengarahkan siswa untuk mengikuti secara bertahap, dan berulang-ulang
5.      Mengarahkan setiap kelompok  berlatih
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas berlatih tari secara kelompok

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.
   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan gerakan tari secara individu.

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 14
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI TARI
13.  Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari

Indikator :
§  Mempertunjukan tarian pendek tanpa iringan

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu mempertunjukkian tarian pendek tanpa iringan

II.   Materi Ajar
b.  Pertunjukan tari

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Pertunjukkan
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Praktik

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam pertunjuksan
5.      Mengarahkan ,setiap kelompok  harus mempersiapkan, apa yang diperlukan dalam pertunjukan tari
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.      Pertunjukan
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tes unjuk kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan gerakan tari secara kelompok.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 15 – 16
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
7.  Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

Indikator :
§  Menceritakan keistime- waan benda yang dige-rakan oleh angin
§  Menyebutkan macam-macam benda yang digerakan oleh angin
§  Memilih bahan yang cocok
§  Merencanakan desain teknik gerak benda

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat  Menceri-takan keistimewaan benda yang digerakan oleh angin
  • Siswa dapat menyebutkan macam-macam benda yang digerakan oleh angin
  • Siswa dapat memilih bahan yang cocok
  • Siswa dapat merencanakan desain teknik gerak benda

II.   Materi Ajar
a.       Benda terbang dari kertas
b.       Bahan olah Keterampilan

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.      Memperlihatkan contoh-contoh gambar benda-benda terbang
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Mengarahkan  siswa untuk bercerita, tentang benda terbang, yang siswa ketahui
3.       Mengarahkan siswa untuk menuliskan, cerita tersebut dalam buku
4.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
5.       Mengarahkan siswa untuk membuat sketsa benda yang akan dibuat
6.      Mengarahkan siswa untuk merancang teknik, bagaimana benda tersebut dapat digerakan oleh angin
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa tulisan siswa
2.       Tugas membawa alat gambar untuk membuat sketsa
3.       Memeriksa sketsa siswa
4.       Tugas membawa bahan yang dapat diterbangkan oleg angin, selain kertas

V.   Sumber/Alat/Bahan
§  Buku paket SBK
§  Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
§  Standar Isi 2006
§  Model Hasta Karya
§  Gambar dan foto karya 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan diskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa bercerita.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : bercerita







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: III (tiga)/I (satu)
Pertemuan Ke
: 17
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
7.   Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

Indikator :
·         Memilih bahan yang cocok dari kertas
·         Menjelaskan keistimewahan bahan kertas
·         Membuat benda yang dapat digerakan oleh angin dari bahan kertas

I.   Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat memilih bahan yang cocok dari kertas
2.       Siswa mampu menjelaskan keistimewahan bahan kertas
3.       Siswa dapat membuat benda yang dapat  digerakan oleh angin dari bahan kertas

II.   Materi Ajar
c.        Teknik membuat benda terbang

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. Praktek
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi


V.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.      Memperlihatkan contoh-contoh gambar benda-benda terbang
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Mengarahkan siswa membuat  benda yang dapat digerakan oleh angin dari bahan selain kertas
3.      Mengarahkan siswa untuk menjelaskan keistimewaan dari benda yang sudah dibuat
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tes Unjuk Kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Hasta Karya
·         Gambar dan foto karya 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan praktik.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa praktik..

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : mengumplkan tugas hasil praktik.









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar