RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD / MI
KELAS 1
SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | ||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ......: | |||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | ||||
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] | ||||
Pertemuan ke | : 1 [ satu ] dan 2 [ dua ] | ||||
Alokasi Waktu | : 4 x 35 menit | ||||
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi | |
Indikator: · Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang · Melakukan gerakan jalan cepat · Melakukan jalan sambil jongkok · Melakukan lari cepat dengan control yang baik · Melakukan lari dengan berbelok belok · Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah · Melakukan lompat kelinci | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani · Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat. | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Jalan, lari dan lompat | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
Pertemuan I · Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang · Melakukan hadap kiri, hadap kanan dan balik kanan · Melakukan gerakan jalan cepat · Melakukan jalan sambil jongkok · Melakukan lari cepat dengan control yang baik Pertemuan 2 · Melakukan lari dengan berbelok belok dalam bentuk lomba · Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah · Melakukan lompat kelinci dalam bentuk lomba | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat permainan · Lapangan · Tiang hinggap · Stop watch · Pluit · Kapur | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 3 [ tiga ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 6.2 Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab | |
Indikator: · Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan · Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut · Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat · Melakukan gerakan memutar pinggang dengan simpai · Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani · Siswa dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 3 · Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan · Melakukan menarik lutut ke belakang, dan ke depan · Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut · Melakukan menarik lutut ke samping · Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat · Melakukan gerakan memutar pinggang dengan simpai · Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat permainan · Lapangan · Tiang hinggap · Stop watch · Pluit · Kapur | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 4 [ empat ] dan 5 [ lima ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab | ||||
Indikator: · Melakukan gerakan menangkap bola melambung · Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah · Melakukan gerakan menangkap bola mendatar · Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan · Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan kerjasama dengan kelompok · Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar permainan bola tangan · Siswa dapat bermain bola tangan · Siswa dapat mengetahui peraturan permainan bola tangan | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Permainan bola tangan | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 4 · Melakukan gerakan menangkap bola melambung berpasangan · Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah berpasangan · Melakukan gerakan menangkap bola mendatar berpasangan atau berkelompok · Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan Pertemuan 5 · Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi · Melakukan kerjasama dengan kelompok · Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain Melakukan gerakan memutar pinggang dengan simpai · Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat permainan bola tangan · Lapangan · Gawang · Bola tangan · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 6 [ enam ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi | |
Kompetensi Dasar: 7.1 Membiasakan penampillan sikap tubuh dalam posisi diam | |
Indikator: · Menunjukkan bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari · Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar · Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar · Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar · Siswa dapat membiasakan sikap tubuh yang baik dan benar | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Mengenal sikap tubuh | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 6 · Menunjukkan bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari dalam bentuk permainan · Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar : duduk tegak, duduk bersandar · Melakukan gerakan sikap duduk di lantai : duduk sila, duduk telunjur, duduk bersimpuh dan duduk mengangkang · Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar :Berbaring terlentang, berbaring telungkup, berbaring miring ke kiri dan ke kanan · Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar : berdiri tegak, berdiri istirahat, berdiri lencang depan, lencang kanan dan setengah lencang kana | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku Referensi · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 7 [ tujuh ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi | ||||
Kompetensi Dasar: 7.2 Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak | ||||
Indikator: · Melakukan gerakan berjalan tegak · Melakukan gerakan berjalan kangkang · Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak sikap tubuh yang benar · Siswa dapat membiasakan sikap tubuh dalam bergerak yang baik dan benar · | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Sikap tubuh dalam posisi bergerak | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari | ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 7 · Melakukan gerakan berjalan tegak dalam bentuk lomba · Melakukan gerakan berjalan kangkang dalam bentuk lomba · Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan dalam bentuk lomba | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku permainani · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 8 [ tdelapan ] dan 9 [ sembilan ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 8. Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin | ||||
Indikator: · Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang · Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan · Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan · Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan · | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai sederhana · Melatih keberanian dan percaya diri · Melatih kelentukan · | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Senam lantai sederhana | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 8 · Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang · Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan · Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan · Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan Pertemuan 9 · Melakukan pemantapan gerakan berguling ke depan · Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan · Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan · Mendemonstrasikan gerakan berguling dengan tekhnik yang baik | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku permainani · Lapangan / aula · matras · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 10 [ tsepuluh ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 8. Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya | ||||||
Kompetensi Dasar: 8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin | ||||||
Indikator: · Melakukan gerakan membungkukkan badan · Menggerakan lengan ke berbagai arah · Menggerakan persendian badan | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai sederhana · Melatih keberanian dan percaya diri · Melatih kelentukan, peregangan dan pelemasan | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Latihan peregangan dan pelemasan | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 10 · Melakukan gerakan membungkukkan badan bagian pinggang, pinggul, pinggul, pinggang dan lutut · Menggerakan lengan ke berbagai arah : mengayunkan lengan ke samping, mengayun lengan ke bawah dan atas · Menggerakan persendian badan bagian : leher, bahu, pinggang ,lutut dan engkel dengan cara memutarkan | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku senam dasar · Lapangan / aula · matras · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 11 [ tsebelas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 9. Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 9.1 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika | ||||
Indikator: · Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari · Meniru gerakan pohon di tiup angin · Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana · Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan dalam irama sederhana | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan senam fantasi · Melatih keberanian dan percaya diri · Melatih kelentukan, peregangan dan pelemasan | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Merniru gerak binatang dan pohon | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 11 · Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari : meniru burung terbang, gajah berjalan, kera berjalan, bangau berdiri,beruang berjalan · Meniru gerakan pohon di tiup angina : pohon di terpa angina, tanaman disiram · Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku senam dasar · Lapangan / aula · matras · Stop watch · Pluit · Kapur · | ||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 12 [ dua belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 9. Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya | ||||||
Kompetensi Dasar: 9.2 Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika | ||||||
Indikator: · Melakukan gerakan jalan bebas mengikuti lagu · Melakukan gerakan jalan jinjit mengikuti irama · Melakukan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama · Melakukan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama · | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan senam irama · Melatih keberanian dan percaya diri · Melatih kelentukan, peregangan dan pelemasan · | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak bebas berirama dengan arah | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 12 · Melakukan gerakan jalan bebas mengikuti lagu · Melakukan gerakan jalan jinjit mengikuti irama · Melakukan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama · Melakukan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku senam dasar · Lapangan / aula · Tape · casete · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 13 [ tiga belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*) | ||||||
Kompetensi Dasar: 110.1 Mempraktikkan aktivitas dasar di air | ||||||
Indikator: · Masuk di air dengan kaki · Duduk dipinggir kolam renang · Melakukan injak injak di air · Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan · Meloncat dan melompat di air | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan gerakan permainan di air · Melatih keberanian dan percaya diri · | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Pengenalan di air | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 13 · Masuk di air dengan kaki · Duduk dipinggir kolam renang · Melakukan injak injak di air · Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan · Meloncat dan melompat di air dengan memperhatikan keselamatan | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku renang · Kolam renang · pelampung · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 14 [ tempat belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: . 10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*) | ||||||
Kompetensi Dasar: 110.2 Mempraktikkan berbagai permainan di air dangkal disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin | ||||||
Indikator: · Berjalan seperti gerakan hewan di air · Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai · Memperagakan gerak menarik dan membuang napas · Melakukan ladu lari di dalam kolam · Melakukan permainan bola tangan di air yang dangkal | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan gerakan permainan di air · Melatih keberanian dan percaya diri · | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Permainan di air | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 14 · Berjalan seperti gerakan hewan di air · Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai · Memperagakan gerak menarik dan membuang napas · Melakukan ladu lari di dalam kolam · Melakukan permainan bola tangan di air yang dangkal | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku renang · Kolam renang · pelampung · Stop watch · Pluit · Kapur | ||||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 15 [ lima belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***) | |
Kompetensi Dasar: 111.1 Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan | |
Indikator: · Melakukan perjalanan pengenalan lingkungan sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, · Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan pengenalan lokasi di sekolah · Melatih keberanian dan percaya diri · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Pengenalan lingkungan sekolah | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 15 · Melakukan perjalanan pengenalan lingkungan sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, · Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Denah / lokasi · Stop watch · Pluit · Kapur | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 16 [ enam belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***) | |
Kompetensi Dasar: 11.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat | |
Indikator: · Melakukan aktifitas bermain di lingkungan sekolah · Melakukan kegiatan bermain secara bersama sama · Membuang sampah pada tempatnya · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan pengenalan lokasi di sekolah · Melatih keberanian dan percaya diri · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Aktivitas di lingkungan sekolah | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 16 · Melakukan aktifitas bermain di lingkungan sekolah · Melakukan kegiatan bermain secara bersama sama · Membuang sampah pada tempatnya | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Denah / lokasi · Stop watch · Pluit · Kapur | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 17 [ tujuh belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 12. Menerapkan budaya hidup sehat | |
Kompetensi Dasar: 12.1 Menjaga kebersihan gigi dan mulut | |
Indikator: · Menyebutkan fungsi gigi dan mulut · Membedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat · Menyebutkan cara merawat kesehatan gigi · Akibat gigi yang tidak di rawat · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat menjaga kesehatan pribadi dengan baik · Siswa dapat memahami akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Makanan dan minuman sehat | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · diskusi | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 17 · Menyebutkan kegunaan makan dan minum · Menyebutkan makanan dan minuman yang sehat · Membedakan makanan dan minuman yang baik | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku kesehatan · Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Tes B. Bentuk · Tes tulis C. Instrumen · Soal tulis |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 1 [ satu ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 18 [ delapan belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 menit |
Standar Kompetensi: 12. Menerapkan budaya hidup sehat | |
Kompetensi Dasar: 12.2 Mengenal makanan sehat | |
Indikator: · Menyebutkan makanan yang sehat · Manfaat makanan sehat · Menyebutkan cara memilih makanan yang sehat | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat menjaga kesehatan pribadi dengan baik · Siswa dapat memahami akibat dari yang tidak merawat kesehatan pribadi | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Makanan dan minuman sehat | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · diskusi | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 18 · Menyebutkan makanan yang sehat · Manfaat makanan sehat · Menyebutkan cara memilih makanan yang sehat | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku kesehatan · Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran | |
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Tes B. Bentuk · Tes tulis C. Instrumen · Soal tulis |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar