Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Keduabelas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
B. Indikator
o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.
o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
C. Materi Essensial
Sistem penanggalan (Hlm.180)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang sistem penanggalan o Memahami sistem penanggalan: - Tahun masehi atau tahun syamsiah - Tahun komariyah atau tahun hijriyah o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun masehi o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun komariyah o Melakukan tugas 9.2. Hlm.181 | (50 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa - Perhitungan tahun Masehi didasarkan pada kala revolusi bumi - Perhitungan tahun Hijriyah didasarkan pada kala revolusi bulan | (5 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o Tugas 9.3. Hlm.182 | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Ketigabelas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
B. Indikator
o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.
o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
C. Materi Essensial
Sistem penanggalan (Hlm.180)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Menagih tugas 9.2 o Melakukan uji kompetensi. Hlm.184 | (50 menit) |
o Memberi motivasi untuk belajar | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Keempatbelas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
B. Indikator
o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.
o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
C. Materi Essensial
Sistem penanggalan (Hlm.180)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Membahas latihan soal Hlm.186 | (50 menit) |
o Memberi motivasi untuk belajar | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kelima belas / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
B. Indikator
o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.
o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
C. Materi Essensial
Sistem penanggalan (Hlm.180)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Membahas latihan ulangan semester. Hlm.191 | (50 menit) |
o Memberi motivasi untuk belajar menghadapi Ujian Nasional | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar