Jumat, 19 Agustus 2011

RPP B. INGGRIS KLS 4 SEM 1 DAN 2


 















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS  IV
SEMESTER  1 & 2

           
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 1.1    Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi
                                                           secara berterima dalam konteks kelas                                                          
Indikator                                 : 1.1.1 Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih
                                                           kosong
                                                  1.1.2 Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa
                                                           yang didengar dari kaset/CD
                                                  1.1.3 Merespon dengan melengkapi dan memperagakan dialog
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
                                                  2. Siswa dapat mewarnai gambar sesuai dengan apa yang
                                                      didengar dari kaset/CD
                                                  3. Siswa dapat melengkapi dan memperagakan dialog
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
                                                  2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar
                                                      dari kaset/CD
                                                  3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
·  Pada halaman tersebut, terdapat dialog-dialog yang perlu dilengkapi.
·  Siswa diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
·  Pada saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
·  Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
·  Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan kaset/CD.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
·  Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna yang benar.
·  Guru meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
·  Selama siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
  5. Script percakapan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Melengkapi dialog
  3. Contoh instrumen:
Listen and complete the dialogues.
A: Good _________.
B: _________ _________.


a.       Teknik: Tes tulis
b.      Bentuk: Mewarnai gambar
c.       Contoh instrumen:
Listen and colour the pictures.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)

a.       Teknik: Unjuk kerja
b.      Bentuk: Responding
c.       Contoh instrumen:
Listen, complete and act out the dialogues.
A: Hello, I’m Suro.
B: Hi, _________ Joko.



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 1.2    Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
                                                           dalam konteks kelas
Indikator                                 : 1.2.1 Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari
                                                           kaset/CD dengan suara lantang
                                                  1.2.2 Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari
                                                           kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengar dari kaset/CD
                                                      dengan suara lantang
                                                  2. Siswa dapat mengulang apa yang didengar dari kaset/CD
                                                      dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar     
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa
                                                      yang didengar dari kaset/CD
                                                  2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa
                                                      yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal. 
·  Siswa mengulang secara kelompok/individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
  4. Script percakapan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:
Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How are you today?
Siswa: (mengulang)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima
                                                        yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi
                                                        salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi
                                                        aba-aba
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  2.1.1 mengenalkan diri
                                                  2.1.2 memberi salam/sapaan
                                                  2.1.3 memberi salam perpisahan
                                                  2.1.4 memberi aba-aba
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk mengenalkan diri 
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi salam/sapaan
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi salam
                                                       perpisahan
                                                   4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan 
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                     dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally!

What is your name?

How old are you?

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Bermain peran
  3. Contoh instrumen:
Perform a role play with your friend about asking and giving personal information!
(terdapat dialog yang harus diperagakan siswa bersama teman sekelasnya)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang
                                                        secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta
                                                        bantuan, meminta barang, dan memberi barang
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  2.2.1 meminta bantuan
                                                  2.2.2 meminta barang
                                                  2.2.3 memberi barang
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta bantuan
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta barang
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi barang
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally.
(siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara
                                                         berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih,
                                                         meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan
                                                         mengajak
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  2.3.1 berterima kasih
                                                  2.3.2 meminta maaf
                                                  2.3.3 memberi maaf
                                                  2.3.4 melarang
                                                  2.3.5 memuji
                                                  2.3.6 mengajak
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk berterima kasih
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta maaf
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi maaf
                                                  4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk melarang
                                                  5. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memuji
                                                  6. Siswa dapat bercakap-cakap untuk mengajak
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
                                                        melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
                                                        me
Indikator                                 : Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
                                                  ungkapan:
  2.4.1 thank you
                                                  2.4.2 sorry
                                                  2.4.3 please
                                                  2.4.4 excuse me
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengucapkan ungkapan thank you dengan
                                                      santun
                                                  2. Siswa dapat mengucapkan ungkapan sorry dengan santun 
                                                  3. Siswa dapat mengucapkan ungkapan please dengan santun
                                                  4. Siswa dapat mengucapkan ungkapan excuse me dengan
                                                      santun
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat 
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 3.1    Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan
                                                           yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat
                                                           sangat sederhana   
Indikator                                 : 3.1.1 Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik
                                                           dan benar
                                                  3.1.2 Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan
                                                           intonasi yang benar
                                                  3.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan baik dan benar
                                                  2. Siswa dapat membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk mengucapkan alfabet dalam bahasa Inggris yang mereka tahu dengan suara lantang jika topik bahasa berkaitan dengan spelling.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
·  Guru meminta siswa mengeja namanya masing-masing.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak dan meminta siswa mengeja nama orang tua atau saudara mereka.
·  Guru meminta siswa untuk berlatih mengeja nama-nama benda dalam bahasa Inggris yang mereka tahu di rumah sebagai latihan tambahan.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:

Read the alphabets aloud.
            A          B          C         D         E          F          G         H         I           J          K         L          M         N            O         P          Q         R          S          T          U         V          W         X          Y          Z


  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:

Read all the sentences loudly and carefully.

My name is Rudi.

Can you spell your name, please?

R – U – D – I

How do you spell your name?

P – A – U - L




Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris



(________________________)                         (_______________________­)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 3.2    Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana 
Indikator                                 : 3.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                           kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  3.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis
                                                           sangat sederhana 
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam pesan tertulis sangat sederhana
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                      dalam pesan tertulis
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
                                                      mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa memiliki saudara ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang menceritakan saudara laki-lakinya.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya melengkapi informasi berdasarkan teks.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: guru meminta siswa menceritakan hobi dan kegemaran saudara mereka di depan kelas. 
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks
  3. Contoh instrumen:

Complete the blanks next to the pictures according to the text.
(gambar)
 
 

                                        His name is _________

                                        His hobby is _________

                                        He practices _________



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 4.1    Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
                                                           tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
                                                           melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator                                 : 4.1.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang
                                                  benar                               
Metode Pembelajaran             : Siswa mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya ujaran-ujaran yang siswa tahu ketika menyapa seseorang dalam bahasa Inggris.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan mengisi titik-titik yang kosong dalam dialog-dialog.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis dengan ejaan yang benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan berdasarkan apa yang guru ucapkan di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan ujaran yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
  3. Contoh instrumen:
Fill in the blanks with the correct expressions.

A: Hello, how are you?
B: I’m fine, thank you. _________  _________  _________?
A: I’m fine too.

Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/1
Standar Kompetensi               : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 4.2    Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara
                                                           tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan
                                                           tertulis
Indikator                                 : 4.2.1 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan
                                                           benar
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
                                                  dengan benar
Metode Pembelajaran             : Siswa menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan menulis pesan kepada temannya.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
·  Siswa juga diminta untuk mengerjakan latihan menyusun kata-kata menjadi kalimat yang benar
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka untuk membacakan pesan yang telah mereka tulis di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis pesan tertulis
  3. Contoh instrumen:

Write a message to your friend telling about yourself.
(terdapat contoh pesan yang dapat disalin siswa)


  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar
  3. Contoh instrumen:

Rearrange the words into good sentences.
you-to-Nice-meet.
Susan-am-I.
name-is-your-What?




Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 5.1    Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
                                                           instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam
                                                           berbagai permainan
Indikator                                 : 5.1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan
                                                           instruksi secara berterima
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai
                                                  dengan instruksi secara berterima
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan
                                                      sesuai dengan instruksi secara berterima 
                                                  2. Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan
                                                      sesuai dengan instruksi secara berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan.
·  Sebagai latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal.
·  Untuk latihan lanjutan, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami instruksi tersebut.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru meminta siswa satu per satu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang lain memperagakannya.
·  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
  3. Contoh instrumen:
Listen and do the instructions. 
Guru: Get to the front of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 5.2    Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Indikator                                 : 5.2.1 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat merespon instruksi sangat sederhana secara verbal 
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·  Guru dapat meminta siswa untuk mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan materi pokok bab yang dibahas.
  1. Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal. 
·  Siswa mengulang secara kelompok/individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
3. Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
  4. Script percakapan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:

Listen to the instructions and repeat..

Guru/rekaman kaset/CD: an eraser

Siswa: (mengulang)




Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 6.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 6.1    Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
                                                           secara berterima                                      
Indikator                                 : 6.1.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
                                                  sederhana
Metode Pembelajaran             : Siswa menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memutar kaset/CD dan meminta siswa menirukan ujaran yang mereka dengar secara klasikal.
·  Untuk mengetahui sejauh mana siswa meniru ujaran dengan benar, guru meminta siswa untuk bekerja dalam kelompok dan berlatih menirukan ujaran kembali.
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan dan penyebutan ujaran yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam meniru ujaran.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan ujaran yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru (rekaman kaset/CD): How many classrooms are there in the school?
Siswa: (mengulang)
Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 6.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima
                                                        yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan
                                                        sesuatu dan memberi aba-aba 
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  6.2.1 melakukan sesuatu
                                                  6.2.2 memberi aba-aba
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk melakukan sesuatu 
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan 
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  3. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                     dialog
                                                  4. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 6.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang
                                                        secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta
                                                        bantuan, meminta barang, dan memberi barang
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  6.3.1 meminta bantuan
                                                  6.3.2 meminta barang
                                                  6.3.3 memberi barang
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta bantuan
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta barang
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi barang
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan  dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 3 dan 4, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:

Answer the questions orally.
(siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 6.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara
                                                         berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin,
                                                         memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal,
                                                        dan meminta kejelasan
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
  6.4.1 meminta ijin
                                                  6.4.2 memberi ijin
                                                  6.4.3 menyetujui
                                                  6.4.4 tidak menyetujui
                                                  6.4.5 menyangkal
                                                  6.4.6 meminta kejelasan
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta ijin
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi ijin
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyetujui
                                                  4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk tidak menyetujui
                                                  5. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyangkal
                                                  6. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta kejelasan
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  3. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  4. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
a. Teknik: Tes lisan
b. Bentuk: Pertanyaan
c. Contoh instrumen:

Answer the questions orally!

May I borrow your pen?

Sure.


a. Teknik: Tes lisan
b. Bentuk: Performance
c. Contoh instrumen:

Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 6.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana
                                                        dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 6.5 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang
                                                        melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
                                                        me
Indikator                                 : Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
                                                  ungkapan:
  6.5.1 thank you
                                                  6.5.2 sorry
                                                  6.5.3 please
                                                  6.5.4 excuse me
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengucapkan ungkapan thank you dengan
                                                      santun
                                                  2. Siswa dapat mengucapkan ungkapan sorry dengan santun 
                                                  3. Siswa dapat mengucapkan ungkapan please dengan santun
                                                  4. Siswa dapat mengucapkan ungkapan excuse me dengan
                                                      santun
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat 
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 7.1    Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan
                                                           berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
                                                           sangat sederhana   
Indikator                                 : 7.1.1 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar
                                                  7.1.2 Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan
                                                           intonasi yang benar
                                                  7.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan benar
                                                  2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang mereka tahu dengan suara lantang.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
3. Kegiatan Penutup
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa dapat memahami apa yang dibaca dengan lebih baik lagi.
·  Guru meminta siswa untuk mengulang apa yang sudah dipelajari di rumah.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:

Read the work places aloud.

Ship

Hospital

Plane

Rice Field

Office

Street

School

  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:

Read all the expressions loudly and carefully.

Switch on the light.

Switch off the light.

Turn the volume up.




Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris



(________________________)                         (_______________________­)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 7.2    Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana 
Indikator                                 : 7.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                           kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  7.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam dialog
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                      dalam dialog
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru terkait dengan
                                                      materi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa memiliki saudara ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang menceritakan saudara laki-lakinya.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks dialog secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mempraktikkan teks dialog yang baru saja dibaca.
3. Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa praktik yang dilakukan siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri
  3. Contoh intrumen: 



Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends.

A: What are these?
B: They are pencils.

A: May I talk aloud here?
B: No, you may not.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 8.1    Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara
                                                           tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
                                                           melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator                                 : 8.1.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang
                                                  benar                               
Metode Pembelajaran             : Siswa mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya ujaran-ujaran yang siswa tahu ketika menyapa seseorang dalam bahasa Inggris.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan mengisi titik-titik yang kosong.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis dengan ejaan yang benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan berdasarkan apa yang guru ucapkan di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan ujaran yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
  3. Contoh instrumen:
Fill in the blanks with the correct expressions.

    1. I _____ studying _____ _____ ___________.
    2. I _____ eating _____ _____ ____________.
    3. I _____ experimenting _____ _____ ___________.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 8.2    Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara
                                                           tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan
                                                           tertulis
Indikator                                 : 8.2.1 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan
                                                           benar
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
                                                  dengan benar
Metode Pembelajaran             : Siswa menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menulis.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka untuk menulis di papan tulis.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
  3. Contoh instrumen:

Write the answers for each picture.

    1. What does she do?
(gambar) She is __ _____________.
    1. What does Rudi do?
   (gambar) He is __ _____________.

  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis pesan tertulis berupa perintah
c. Contoh instrumen:

Write five expressions according to the picture board. 
Oval: Picture
Board
 



           
    1. _______________
    2. _______________
    3. _______________


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar