Senin, 22 Agustus 2011

RPP IPA KLS 6 SKENARIO KD 92


Mata Pelajaran              : SAINS
Materi Pokok                : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu         : Ketujuh / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan diskusi

A.    Kompetensi Dasar
9.2  Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan

B.    Indikator
o    Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o    Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o    Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o    Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.

C.    Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o    Rotasi bumi (Hlm.167)

D.    Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o    Globe, senter

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.     Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.     Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep tentang gerak bumi
o    Memahami analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing
o    Melakukan kegiatan 9.1. Hlm.167
o    Mengetahui lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam
o    Menjelaskan pengaruh rotasi
-   Terjadinya siang dan malam
-   Terjadinya gerak semu harian bintang
-   Terjadinya perbedaan waktu


(50 menit)

3.     Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa :
-   Lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam
-   Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam, gerak semu harian bintang dan perbedaan waktu.


(5 menit)

4.     Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )




Mata Pelajaran              : SAINS
Materi Pokok                : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu         : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan diskusi

A.    Kompetensi Dasar
9.2  Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan

B.    Indikator
o    Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o    Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o    Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o    Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.

C.    Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o    Revolusi Bumi (Hlm.169)

D.    Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o    Lampu, globe

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep tentang gerak bumi
o    Memahami bahwa bumi beredar mengelilingi matahari
o    Melakukan kegiatan 9.2. Hlm.170
o    Mengetahui kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika
o    Menjelaskan pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan


(50 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa :
-   terjadinya perubahan musim dibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan akibat revolusi bumi
-   bumi megitari matahari dengan kemiringan 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : SAINS
Materi Pokok                : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu         : Kesembilan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan diskusi

A.    Kompetensi Dasar
9.2  Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan

B.    Indikator
o    Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o    Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o    Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o    Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.

C.    Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o    Rotasi dan revolusi Bulan (Hlm.172)

D.    Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o    Bola kiki, kertas, spidol, selotip

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep tentang gerak bulan
o    Menjelaskan pergerakan bulan dalam peredarannya
-   Berputar pada porosnya
-   Mengelilingi bumi (berevolusi)
-   Bulan dan bumi mengelilingi matahari
o    Melakukan kegiatan 9.3. Hlm.173
o    Mengetahui kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan


(50 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan kesimpulan bahwa
-   Kala rotasi bumi sama dengan kala revolusinya
-   Perbedaan bentuk bulan dari hari ke hari terjadi karena revolusi bulan


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar