Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
B. Indikator
o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.
C. Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o Rotasi bumi (Hlm.167)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Globe, senter
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang gerak bumi o Memahami analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing o Melakukan kegiatan 9.1. Hlm.167 o Mengetahui lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam o Menjelaskan pengaruh rotasi - Terjadinya siang dan malam - Terjadinya gerak semu harian bintang - Terjadinya perbedaan waktu | (50 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa : - Lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam - Rotasi bumi mengakibatkan terjadinya siang dan malam, gerak semu harian bintang dan perbedaan waktu. | (5 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
B. Indikator
o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.
C. Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o Revolusi Bumi (Hlm.169)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Lampu, globe
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Memahami peta konsep tentang gerak bumi o Memahami bahwa bumi beredar mengelilingi matahari o Melakukan kegiatan 9.2. Hlm.170 o Mengetahui kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika o Menjelaskan pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan | (50 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa : - terjadinya perubahan musim dibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan akibat revolusi bumi - bumi megitari matahari dengan kemiringan 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Bumi dan Alam Semesta
Pertemuan / waktu : Kesembilan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
A. Kompetensi Dasar
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
B. Indikator
o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi .
o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu.
o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi).
o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi.
C. Materi Essensial
Gerakan Bumi dan Bulan.
o Rotasi dan revolusi Bulan (Hlm.172)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Bola kiki, kertas, spidol, selotip
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengulang materi sebelumnya | (5 menit) |
o Memahami peta konsep tentang gerak bulan o Menjelaskan pergerakan bulan dalam peredarannya - Berputar pada porosnya - Mengelilingi bumi (berevolusi) - Bulan dan bumi mengelilingi matahari o Melakukan kegiatan 9.3. Hlm.173 o Mengetahui kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan | (50 menit) |
o Memberikan kesimpulan bahwa - Kala rotasi bumi sama dengan kala revolusinya - Perbedaan bentuk bulan dari hari ke hari terjadi karena revolusi bulan | (5 menit) |
o – | |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar