Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 1
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung 
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung Wordart
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi Icon dan menu untuk menyisipkan gambar
þ Mengatur ukuran dan posisi gambar yang telah di sisipkan
þ Mengidentifikasi ikon ikon pendukung pada drawing wordart
þ Mengidentifikasi kotak dialog wordart
þ Mendemontrasikan menyisipan gambar pada teks 
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa mampu memahami fasilitas dalam perangkat lunak pengolah kata untuk menyisipkan gambar dan mendemontrasikannya berupa poster
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Membuat teks bergambar dan wordart
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1      Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2      Kegiatan Inti
þ Siswa menunjuk icon dan menu untuk menyisipkan gambar
6.3     Kegiatan Akhir
memberikan tugas tertulis di rumah
membereskan kursi 
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :  “Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan 
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester        : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 2
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi Icon untuk membuat kotak, lingkaran, garis, garis panah, kubus, segi tiga dan kotak teks pada drawing
þ Mengatur ukuran dan posisi icon drawing
þ Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
þ Medemontrasikan pembuatan bangun ruang kotak, lingkaran, garis dan garis panah
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami penggunaan toolbar drawing pada perangkat lunak pengolah kata
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Membuat flow cart dengan toolsbar drawing
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menyimak materi yang disampaikan
þ Siswa menunjuk icon drawing untuk membuat kotak, lingkara, garis dan garis panah
6.3.    Kegiatan Akhir
memberikan tugas tertulis di rumah
membereskan kursi 
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :  “Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 3
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan drawing, symbol dan penulisan huruf naik
       I.  Kompetensi Dasar        :  Menggunakan menu Insert, Symbol
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi menu untuk menambahkan symbol 
þ Mengidentifikasi menu untuk mencetak huruf naik
þ Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
þ Medemontrasikan pembuatan bangun ruang dengan menambahkan symbol dan huruf naik
þ Membuat bangun ruang secara umum beserta penulisan rumusnya luas, volume
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami penulisan rumus matematika dan memahami pembuatan bangun ruang 
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  : Menyisipkan symbol dan mencetak naik teks
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menunjuk menu untuk menambahkan symbol dan menyimak penjelasannya
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
             Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 4
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung Wordart dan toolsbar drawing
      II.  Indikator                         : 
þ Menyisipkan gambar
þ Ikon ikon pendukung pada drawing wordart
þ Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
    III.   Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami penggunaan clipart dan wordart serta icon pendukung drawing
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing pada lunak pengolah kata
     V.  Metode Pembelajaran : test praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2.        Kegiatan Inti
Siswa mendemontrasikan soal praktek yang diberikan guru dan pengikuti ketentuan untuk menjawabnya yang telah disediakan dalam lembar soal
6.3.    Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Teknik
  Tes
            Bentuk
              Pilihan ganda, isian
Instrumen :
   Lembar Soal Praktek
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 5
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan Tabel
       I.  Kompetensi Dasar        :  Menggunakan fasilitas table
      II.  Indikator                         : 
þ Menunjuk menu untuk membuat table
þ Mengidentifikasi kotak dialog table
þ Mengidentifikasi icon macam macam garis, besar garis, warna garis dan latar belakang tabel, 
þ Mengidentifikasi icon perataan atas, bawah kiri, kanan dan tegah tabel.
þ Menambahkan baris, colom yang kosong
þ Mendemontrasikan pembuatan table
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami fasilitas table dalah perangkat lunak pengolah kata
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Menbuat tabel
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
Siswa menunjuk menu untuk menambahkan table dan menyimak penjelasannya
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 6 dan 10
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengoperasikan fasilitas yang disediakan dalam Internet dengan mengirim file atau data melalui e-mail
Kompetensi Dasar     :  Mengidentifikasi surat elektronik dalam internet
       I.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi menu dalam e-mail
þ Mengidentifikasi langkah – langkah mengirim file melalui e-mail
þ Mendemontrasikan langkah langkah mengirim file melalui e-mail
þ Langkah langkah menutup e-mail dengan benar
      II.  Tujuan Pembelajaran  :  Siswa memahami langkah – langkah mengirim file pada e-mail
     III.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengirim file melalui e-mail
    IV.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
     V.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menyimak langkah – langkah mengirim file melalui e-mail 
þ Siswa mendemontrasikan langkah – langkah mengirim file melalui e-mail
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
    VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Internet " Elex Media Kompitindo
   VII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 7
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola dokumen secara kreatif dengan mengintegrasikan drawing, symbol dan penulisan huruf naik
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung Wordart dan toolsbar drawing
      II.  Indikator                         : 
þ Menyisipkan gambar
þ Ikon ikon pendukung pada drawing wordart
þ Menu untuk menambahkan symbol 
þ Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
    III.   Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami sistem operasi dan perangkat lunak pengolah kata
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing pada lunak pengolah kata
     V.  Metode Pembelajaran : test tertulis
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2.        Kegiatan Inti
Siswa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru pada lembar jawaban yang telah disediakan
6.3.    Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   "Microsoft Word For Beginner " penerbit Pusat Komputer Assalaam
 VIII.  Penilaian
Teknik
  Tes
            Bentuk
              Pilihan ganda, isian
Instrumen :
   Lembar Soal Tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 8
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Menunjuk perangkat lunak presentasi, mengolah presentasi secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak 
  presentasi
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengenal Software presentasi dan menggunakan fitur umum menu standar
      II.  Indikator                         : 
þ Pengenalan Perangkat lunak presentasi
þ Mengidentifikasi perangkat lunak presentasi
þ Langkah – langkah menjalankan perangkat lunak presentasi
þ Menunjukan bagian bagian layar perangkat lunak presentasi
þ Menunjuk menu file dan submenu  file New, close, save, save as, open, exit dan memahi fungsinya
þ Menunjuk Icon standar New , open, save, text box dan memahami fungsinya
þ Membuat presentasi sederhana berbasis text menggunakan text box
þ Merekam presentasi yang telah dibuat melalui jaringan komputer
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami menu stantard, icon standar pada perangkat lunak presentasi dan dapat mendemontrasikannya 
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Perangkat lunak dan program aplikasi presentasi
     V.  Metode Pembelajaran : test tertulis
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2  Kegiatan Inti
þ Siswa menyimak materi dan mencatat hal pokok yang dijelaskan tentang perangkat lunak presentasi
þ Siswa menunjukan bagian bagian layar presentasi, menu dan sub menu file, icon standar dan menyimak penjelasan fungsinya.
þ Siswa membuat presentasi sederhana berbasis teks tentang bio data megunakan text box
þ Siswa merekam presentasi yang telah dibuat
6.3  Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 9
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Menunjuk perangkat lunak presentasi, mengolah presentasi secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak presentasi
       I.  Kompetensi Dasar        :  Memodifikasi text  box  dan menambahkan slide menggunakan perangkat lunak presentasi
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi toolsbar formating, font, font size, bold, italic, underline, align left, align right, center, Increse font size, decrease font size, 
þ Mengidentifikasi menu format dan sub menu format slide layout, slide design 
þ Mengidentifikasi toolbar drawing Text box, Fill color, line Color, font color
þ Langkah langkah menbuat slide baru
þ Membuat presentasi baru dan memodifikasinya
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa dapat memodifikasi text pada perangkat lunak presentasi agar lebih menarik
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Memodifikasi teks dan menambahkan slide
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menunjukan icon formating font, font size, bold, italic, underline, align left, align right, center, Increse font size, decrease font size,  dan menyimak penjelasan fungsinya.
þ Siswa menunjukan menu format dan sub menu format slide layout, slide design
þ Siswa membuka file biodata mendemontrasikan langkah – langkah membuat slide baru dan menghias presentasi
þ Tugas membuat presentasi baru dengan tema lingkungan sekolah
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
 VIII.  Penilaian
Teknik
   non test : Praktek / Keterampilan
            Bentuk
               Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 11
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Menunjuk perangkat lunak presentasi, mengolah presentasi secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak presentasi
       I.  Kompetensi Dasar        :  Memodifikasi slide dengan mengintegrasikan gambar dan animasi 
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi Icon untuk menambahkan gambar /clipart, gaya tulisan (wordart), kotak, lingkaran
þ Mengidentifikasi menu insert untuk menambahkan file gambar atau foto
þ Mengidentifikasi menu slide show : slide transition, costome animation 
þ Langkah langkah menambahkan efek suara
þ Mendemontrasikan icon clipart dan menu insert untuk menambah file gambar/photo
    III.   Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami fasilitas clipart dan drawing serta mengtur slide/animasi pada perangkat lunak presentasi dan dapat mendemontrasikannya
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengatur layout, gambar dan animasi
     V.  Metode Pembelajaran :   Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menyimak materi dan mencatat hal pokok yang dijelaskan 
6.3.    Kegiatan Akhir
Merapihkan peralatan komputer dan kursi
Berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 12
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengolah presentasi secara kreatif dalam bentuk Website dan mendemontrasikan perangkat lunak  presentasi
       I.  Kompetensi Dasar        :  Memodifikasi presentasi ke dalam bentuk website
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi Icon untuk menambahkan Button
þ Mengidentifikasi menu insert dan sub menu insert hyperlink
þ Mengidentifikasi kotak dialog hyperlink
þ Membuat presentasi dengan mengitegrasikannya ke bentuk website
    III.   Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami fasilitas hyperlink dalam perangkat lunak presentasi dan mengembangkan presetasi kedalam bentuk website
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Menggunakan fasilitas teks berkolom dalam momodifikasi dokumen
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Mengidentifikasi Icon untuk menambahkan Button
þ Mengidentifikasi menu insert dan sub menu insert hyperlink
þ Mengidentifikasi kotak dialog hyperlink
þ Membuat presentasi dengan mengitegrasikannya ke bentuk website
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
 VII.   Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
 VIII.  Penilaian
Teknik
   non test : Praktek / Keterampilan
            Bentuk
               Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 13
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola Presentasi secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing ke dalam bentuk website
        I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung Wordart dan toolsbar drawing
       II.  Indikator                         : 
þ Membuat presentasi berupa teks
þ Menyisipkan gambar Mengidentifikasi Icon untuk menambahkan gambar /clipart, gaya tulisan (wordart), Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
þ Langkah langkah menambahkan efek suara dan animasi pada presentasi
þ Memberi button dan hyperlink pada presentasi
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami penggunaan clipart dan wordart serta icon pendukung drawing
     IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing pada lunak pengolah kata
      V.  Metode Pembelajaran : test praktek
     VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2.        Kegiatan Inti
Siswa mendemontrasikan soal praktek yang diberikan guru dan pengikuti ketentuan untuk menjawabnya yang telah disediakan dalam lembar soal
6.3.    Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam  
           VII.   Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
        VIII.  Penilaian
Teknik
  Tes
            Bentuk
              Pilihan ganda, isian
Instrumen :
   Lembar Soal Praktek
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 14
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengoperasikan fasilitas yang disediakan dalam Internet untuk berkomunikasi
       I.  Kompetensi Dasar        :  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk berkomunikasi
      II.  Indikator                         : 
þ Mengidentifikasi perangkat lunak – perangkat lunak yang digunakan untuk berkomunikasi
þ Mengidentifikasi chenel chenel dalam berkomunikasi
þ Mendemontrasikan langkah – langkah untuk bekomunikasi melalui Internet
    III.   Tujuan Pembelajaran  : Siswa memahami langkah langkah berkomunikasi dengan sesama pengguna internet
    IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Bekomunikasi dengan sesama pengguna internet
     V.  Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
    VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
6.2.        Kegiatan Inti
þ Siswa menyimak materi, mencatat langkah langkah pokok yang dijelaskan
þ Siswa mendemontrasikan langkah –langkah berkomunikasi melalui internet dengan menggunakan Yahoo massanger dan MIRC dengan teman dan sesama pelajar
6.3.    Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam  
   VII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar :   "Internet " Elex Media Kompitindo
"Internet" Elex Media Kompitindo
 VIII.  Penilaian
Teknik
 non test : Praktek / Keterampilan
            Bentuk
            Demonstrasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 5 (lima) / 2 (dua)
Pertemuan Ke             : 15, 16
Alokasi Waktu             : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi  :   Mengelola Presentasi secara kreatif dengan mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing ke dalam bentuk website
        I.  Kompetensi Dasar        :  Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung Wordart dan toolsbar drawing
       II.  Indikator                         : 
þ Membuat presentasi berupa teks
þ Menyisipkan gambar Mengidentifikasi Icon untuk menambahkan gambar /clipart, gaya tulisan (wordart), Memodifikasi warna efek serta latar belakang gambar atau pattern pada icon drawing
þ Langkah langkah menambahkan efek suara dan animasi pada presentasi
þ Memberi button dan hyperlink pada presentasi
     III.  Tujuan Pembelajaran  : Siswa dapat membuat website sederhana menggunakan powerpont
     IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  :   Mengintegrasikan gambar dan icon pendukung drawing pada lunak pengolah kata
      V.  Metode Pembelajaran : test praktek
     VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran :
6.1.        Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Membagikan soal 
6.2.        Kegiatan Inti
Siswa mendemontrasikan membuat Presentasi kresi sendiri dengan tema bebas minimal 5 slide berbentuk WEB
6.3.    Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam  
           VII.   Alat/Bahan/Sumber Belajar :   
"Powepoint " Elex Media Kompitindo
CDTutorial Interactive
        VIII.  Penilaian
Teknik
  Tes
            Bentuk
              Pilihan ganda, isian
Instrumen :
   Demontrasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar