RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS VI
SEMESTER 1 & 2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana
baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks
sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan
tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan
luar kelas
Indikator : 1.1.1 Merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama sayuran, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama sayuran yang mereka tahu dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
· Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
· Pada halaman tersebut, terdapat nama-nama sayuran yang harus dipilih sesuai dengan tepat.
· Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih nama sayuran yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
· Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
3. Kegiatan Penutup
· Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
- Teknik: Unjuk kerja
- Bentuk: Responding
- Contoh instrumen:
Listen and circle the correct answer.
Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)
Mengetahui, ………………,………………………
(________________________) (_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana
baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks
sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan
secara berterima dalam berbagai permainan
Indikator : 1.2.1 Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama buah, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama buah dalam bahasa Inggris dan meminta mereka menjelaskan ciri-ciri buah yang mereka sebutkan.
- Kegiatan Inti
· Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan yang diminta.
· Pada latihan tersebut, siswa mendengar petunjuk mengenai nama-nama buah.
· Siswa merespon dengan menuliskan nama buah yang sesuai dengan petunjuk dari kaset/CD.
· Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
3. Kegiatan Penutup
· Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
- Teknik: Unjuk kerja
- Bentuk: Responding
- Contoh instrumen:
Listen and fill in the crossword.
Kaset/CD: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud)
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana
baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks
sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan
gambar
Indikator : 1.3.1 Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami cerita lisan dengan bantuan gambar
Metode Pembelajaran : Siswa mendengarkan kaset/CD untuk melingkari nama-nama
minuman
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama minuman, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama minuman dalam bahasa Inggris dan meminta mereka menjelaskan ciri-ciri minuman yang mereka sebutkan.
2. Kegiatan Inti
· Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan yang diminta.
· Pada latihan tersebut, siswa mendengar seorang anak yang sedang menceritakan minuman favoritnya.
· Siswa merespon dengan melingkari nama-nama minuman yang disebutkan oleh anak tersebut.
· Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
3. Kegiatan Penutup
· Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
a. Teknik: Unjuk kerja
b. Bentuk: Responding
c. Contoh instrumen:
Listen and circle.
Kaset/CD: (cerita tentang nama-nama minuman dan siswa melingkari nama-nama minuman yang disebutkan)
Mengetahui, ………………,………………………
Kepala SD …………………… Guru Bahasa Inggris
(________________________) (_______________________)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar