Follow by Email

Jumat, 19 Agustus 2011

RPP PJOK KLS 4 SEM 2



SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   1 [ satu ] / 5 [ lima ]
Alokasi Waktu
:   10 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar:
 6.1 Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam  permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi,  serta nilai kerja sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)

Indikator:     
·         Melambungkan bola  dengan berbagai arah dan kecepatan
·         Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·         Menangkap bola  dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·         Memukul objek yang dilambumgkan/dilemparkan dari berbagai arah dan jarak
·         Berlari dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
·        Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas.

I.                   Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan kipers
·         Siswa dapat melakukan bermain kipers serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahami strategi dalam bermain kipers
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola kecil / kipers
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  •  
  1. Kegiatan Inti:
Pertemuan I
·         Melambungkan bola  dengan berbagai arah dan kecepatan :
·          Melambungkan bola ke belakang dan ke depan, samping kiri dan kanan berpasangan atau berkelompok



·         Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan : melempar bola menyusur, mendatar, berpasangan atau kelompok
·         Menangkap bola  dengan berbagai variasi arah dan kecepatan :Menangkap bola menyusur, menangkap bola mendatar dan menangkap bola melambung

Pertemuan  II
·         Memukul objek yang dilambumgkan /  dilemparkan dari berbagai arah dan jarak
·         Memukul bola yang dilambungkan sendiri atau oleh temannya
·         Berlari dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
Pertemuan III sampai V
·         Menjelaskan peraturan main
·           Bermain kipers dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas.

     C.   Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan kipers

V.           Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan bola kecil
·         Lapangan
·         Pemukul kipers
·         Bola kipers
·         Tiang hinggap
·         Scoring board/keset
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.          Penilaian:
A.   Tekhnik :
·   Non Tes
B.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C.   Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian





SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   6 [ enam ] / 10 [ sepuluh ]
Alokasi Waktu
:   10 x 35 menit


Standar Kompetensi:
6.Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar:
 6.2  Mempraktikkan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam  permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi,  serta nilai kerja sama regu, sportivitas, dan kejujuran**)
Indikator:     
·      Melambung-lambungkan bola voli dengan dua tangan
·      Melakukan gerakan passing bawah
·      Melakukan gerakan passing atas.
·      Melakukan  gerakan servis bawah / atas
·      Melakukan passing atas dan bawah berpasangan
·      Melakukan passing atas dan bawah berkelompok
·      Melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
·      Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan bola voli

I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan bola voli
·         Siswa dapat melakukan bermain bola voli serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahami strategi dalam bermain bola voli

II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola besar / bola voli
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B.     Kegiatan Inti:
Pertemuan 6
·         Melambungkan bola  voli sebanyak lima kali bergantian :
·         Melakukan gerakan passing bawah dengan memperhatikan posisi tangan dan kaki tanpa bola
·         Melakukan gerakan passing bawah dengan menggunakan bola
·         Melakukan gerakan passing atas. dengan memperhatikan posisi tangan dan kaki tanpa bola
·         Melakukan gerakan passing atas dengan menggunakan bola

Pertemuan  7
·         Melakukan  gerakan servis bawah / atas tanpa menggunakan bola
·         Melakukan  gerakan servis bawah / atas menggunakan bola
·         Melakukan passing atas dan bawah berpasangan
·         Melakukan passing atas dan bawah berkelompok

Pertemuan 8 sampai 10
·         Menjelaskan peraturan main
·           Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas.
·         Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan bola voli

     C.   Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bola voli

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan bola besar
·         Lapangan
·         net
·         Bola voli
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian





SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   11 [ sebelas ] / 12 [ dua belas ]
Alokasi Waktu
:   4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
6.Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar:
 6.3   Mempraktikkan gerak dasar atletik yang dimodifikasi:  lompat, loncat dan lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran**)
Indikator:     
·           Melakukan gerak lompat dengan dua kaki dan satu kaki dengan control dan gaya yang konsisten
·           Melakukan loncat mencapai sasaran tertentu dengan gaya yang konsisten
·           Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
·           Melakukan gerakan loncat dengan awalan
·           Mengkombinasikan gerakan loncat dengan awalan berjalan/berlari tanpa /dengan alat
·           Melakukan gerakan loncat tinggi dengan  awalan dan alat sederhana
·            
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  memahami dasar dasar olahraga lompat tinggi
·         Siswa dapat melakukan lompat tinggi dengan tekhnik yang baik
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Atletik / lompat tinggi
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


  1. Kegiatan Inti:
Pertemuan 11
·         Melakukan gerak lompat ke depan  dengan dua kaki
·         Melakukan gerak lompat ke depan  dengan satu kaki:
·         Melakukan loncat mencapai sasaran tertentu dengan gaya yang konsisten
·         Melakukan gerakan passing bawah dengan menggunakan bola
·         Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
·         Melakukan gerakan loncat dengan awalan

Pertemuan  12
·           Mengkombinasikan gerakan loncat dengan awalan berjalan/berlari tanpa /dengan alat
·           Melakukan gerakan loncat tinggi dengan  awalan dan alat sederhana

     C.   Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam lompat tinggi

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat atletik
·         Lapangan
·         Arena lompat tinggi
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian







SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   13 [ tiga belas ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 7.  Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
7.1  Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk  melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran

Indikator:     
·         Melakukan gerakan lari dengan mengoperkan benda
·         Melakukan gerakan lompat katak dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan lari bolak balik
·         Melakukan  kombinasi gerakan berlari , mengangkat , meloncat dan melompat

I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan aktifitas untuk meningkatkan kebugaran
·         Siswa dapat melakukan latihan daya tahan
·         Siswa dapat melakukan latihan kekuatan dengan kecepatan gerak yang meningkat
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pengembangan diri
·         Latihan daya tahan, kekuatan dan kecepatan
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.      Kegiatan Inti:
Pertemuan 13
·         Melakukan gerakan lari dengan mengoperkan benda secara beregu dalam bentuk lomba
·         Melakukan gerakan lompat katak secara beregu dalam bentuk lomba
·         Melakukan gerakan lari bolak balik di lakukan dalam bentuk lomba
·         Melakukan  kombinasi gerakan berlari , mengangkat , meloncat dan melompat di lakukan dalam bentuk lomba

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat atletik
·         Stik kecil
·         Lapangan
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian




SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   14 [ empat belas ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
7.  Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 7.2   Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak  yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran, kerjasama, dan kejujuran

Indikator:     
·         Melakukan gerakan sit up dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan back-up dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan mencium lutut dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan membungkukkan badan dengan control yang baik
·       Melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan control yang baik
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan aktifitas untuk meningkatkan kebugaran
·         Siswa dapat melakukan latihan kelentukan
·         Siswa dapat melakukan latihan kelentukan dengan kecepatan gerak yang meningkat
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pengembangan diri
·         Latihan kelentukan dan kecepatan
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.    Kegiatan Inti:
Pertemuan 14
·         Melakukan gerakan sit up berpasangan dengan posisi kedua kaki di tekuk
·         Melakukan gerakan back-up dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan mencium lutut berpasangan dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan membungkukkan badan ke depan dan ke belakang dengan control yang baik
·        Melakukan gerakan meliukkan tubuh ke samping kiri dan kanan dengan control yang baik
 C.       Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat atletik
·         Stik kecil
·         Lapangan
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian






SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   15 [ lima belas ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 8.  Mempraktikkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 
Kompetensi Dasar:
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai kerja sama dan estetika

Indikator:     
·         Melakukan gerakan memutar tubuh saat melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
·         Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan berguling ke belakang dengan control yang baik
·       Melakukan rangkaian gerakan senam lantai dengan sederhan
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar senam lantai
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan berguling dengan dengan tekhnik yang baik
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam Lantai
·         Berguling
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 15
·         Melakukan gerakan memutar tubuh sembilan puluh derajat saat melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
·         Melakukan gerakan memutar tubuh seratus delapan puluh  derajat saat melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
·         Melakukan gerakan memutar tubuh seratus delapan puluh  derajat saat melompat / meloncat dengan rintangan
·         Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan berguling ke belakang dengan control yang baik
·       Melakukan rangkaian gerakan senam lantai , berjalan, memutar , melompat dan berguling

 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat senam
·         Matras
·         Alat rintangan/ peti lompat
·         Lapangan
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian









SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   16 [ enam belas ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
8.  Mempraktikkan senam lantai dengan kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 
Kompetensi Dasar:
 8.2  Mempraktikkan senam  ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang  baik serta nilai  disiplin dan kerja sama

Indikator:     
·         Lompat kangkang melewati teman/ peti
·         Merangkak /merayap dengan rintangan
·       Meliukkan badan dengan menggunakan simpai
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar senam lantai / ketangkasan
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar senam ketangkasan dengan tekhnik yang baik
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam Lantai/ketangkasan
·         Variasi senam ketangkasan
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 16
·         Melakukan gerakan lompat-lompat di tempat dengan irama hitungan
·         Melakukan gerakan lompat-lompat di tempat dengan irama hitungan, pada hitungan ke tiga membukakaki ke samping kiri dan kanan bersamaan
·         Melakukan gerakan lompat-lompat di tempat dengan irama hitungan, pada hitungan ke tiga membuka kaki ke depan dan belakang bersamaan
·         Lompat kangkang melewati teman/ peti
·         Merangkak /merayap dengan rintangan
·       Meliukkan badan dengan menggunakan simpai / hulahuk

 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat senam
·         Matras
·         Alat rintangan/ peti lompat
·         Hulahup
·         Lapangan
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian









SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   17 [ tujuh belas ]  s. d 19 [ sembilan belas ]
Alokasi Waktu
:   6 x 35 menit


Standar Kompetensi :
9.  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar: 
 9.1 Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika.

Indikator:     
·         Melakukan satu pola gerak senam irama dengan tepat dan control yang baik
·         Mengontrol gerak dalam berbagai bentuk,arah,ukuran dan kecepatan secara berkelanjutan
·         Memperbaiki kesalahan gerak berirama
·       Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar senam irama / ritmik
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar senam ritmik dengan tekhnik yang baik
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam ritmik / senam kesegaran jasmani
·         Pola gerak senam ritmik
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 17
·         Melakukan satu pola gerak senam irama dengan tepat dan control yang baik
·         Mengontrol gerak dalam berbagai bentuk,arah,ukuran dan kecepatan secara berkelanjutan
·         Memperbaiki kesalahan gerak berirama

Pertemuan 18
·         Membagi kelompok untuk melakukan latihan senam kesegaran jasmani
·       Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
·       Memperbaiki gerakan yang salah

       Pertemuan 19
·         Melakukan latihan pemantapan senam kesegaran jasmani berkelompok
·        Memperbaiki gerakan yang salah


   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat senam
·         Tape
·         Casete
·         Aula
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian




SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   20 [ dua puluh ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 9.  Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar ;
  9.2 Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama,disiplin dan estetika.

Indikator:     
·         Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
·         Memperbaiki kesalahan gerak berirama
·        Memperagakan senam kesegaran jasmani berkelompok
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar senam irama / ritmik
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar senam ritmik dengan tekhnik yang baik
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam ritmik / senam kesegaran jasmani
·         Pola gerak senam ritmik
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 20
·         Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
·         Memperbaiki kesalahan gerak berirama
·        Memperagakan senam kesegaran jasmani berkelompok  sesuai dengan kelompoknya

 
   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat senam
·         Tape
·         Casete
·         Aula
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian




SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   21 [ dua puluh satu]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 10.  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
Kompetensi Dasar ; 
10.1 Mempraktikkan gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai kebersihan
.

Indikator:     
·         Memperagakan gerak meluncur renang gaya bebas
·         Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur
·       Melakukan gerakan lengan dalam meluncur
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar renang
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Renang
·         meluncur
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 21
·         Memperagakan gerak meluncur renang gaya bebas
·         Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur dengan bantuan pelampung
·         Menempelkan satu kaki ke dinding kolam kedua tangan di permukaan air
·         Mendorong dengan ke dua kaki
·       Melakukan gerakan lengan dalam meluncur dengan menarik lengan dari depan ke belakang secara bergantian

 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat renang
·         Kolam
·         pelampung
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian











SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   22 [ dua puluh dua]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
10.  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
Kompetensi Dasar ; 
10.2 Mempraktikkan cara bernapas dalam renang gaya bebas

Indikator:     
·         Memperagan cara pengambilan napas renang gaya bebas
·      Mengkombinasikan gerakan tekhnik penganmbilan napas antara kaki dan tangan
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar cara pengambilan napas
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Renang
·         Pengambilan napas
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 22
·         Memperagakan cara pengambilan napas renang gaya bebas di lakukan di darat
·         Memperagakan cara pengambilan napas renang gaya bebas di lakukan  di kolam renang
·         Melakukan gerakan pengambilan napas di kombinasikan dengan gerakan meluncur
·         Mengkombinasikan gerakan tekhnik penganmbilan napas antara kaki dan tangan


 

 



 C.       Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat renang
·         Kolam
·         pelampung
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian












SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   23 [ dua puluh tiga]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 10.  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
Kompetensi Dasar ;
10.3 Mengkombinasaikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebas


Indikator:     
·         Melakukan gerak kaki renang gaya bebas
·         Memperagakan ayunan/tarikan lengan gaya bebas
·         Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas
·         Berenang gaya bebas lebih dari 10 meter
·         Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pernapasan
·       Menerapkan etika yang baik di kolam renang
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar renang gaya bebas
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang tengan tekhnik yang baik
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Renang
·         Kombinasi gerakan renang gaya bebas [ meluncur, gaya dan penganbilabn napas ]
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 23
·         Melakukan gerak kaki renang gaya bebas dengan posisi duduk
·         Memperagakan ayunan/tarikan lengan gaya bebas di dalam kolam
·         Melakukan kaki dengan bantuan pelampung
·         Melakukan lengan dengan bantuan pelampung
·         Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas



·         Berenang gaya bebas lebih dari 10 meter
·         Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pernapasan
·         Menerapkan etika yang baik di kolam renang

 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat renang
·         Kolam
·         pelampung
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian






SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   24 [ dua puluh empat]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
10.  Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
Kompetensi Dasar ;
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar  keselamatan di air
.
Indikator:     
·         Memperagakan dasar dasar keselamatan di air
·      Melakukan gerakan water trapen/ mengambang di air
·       
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan gerakan dasar renang gaya bebas
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang tengan tekhnik yang baik
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Renang
·         Water trapen/ mengambang di air
·         Menjaga keselamatan di air
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 24
·         Memperagakan dasar dasar keselamatan di air
·         Memperagakan cara menggunakan pelampung di air / kolam
·         Melakukan gerakan menginjak kaki di dasar kolam
·         Melakukan gerakan menendang nendangkan kaki ke samping kiri dan kanan sedara bersamaan di kombinasikan dengan gerakan tangan
·       Melakukan gerakan water trapen/ mengambang di air
·       
 C.       Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat renang
·         Kolam
·         pelampung
·         Pluit
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian









































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   25 [ dua puluh lima]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 11. Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
Kompetensi Dasar ;
11.1  Mempraktikkan berbagai keterampilan yang sesuai untuk  kegiatan perkemahan, serta nilai kerja sama,
.

Indikator:     
·         Membuat perencanaan dalam kegiatan
·         Membagi tugas dalam kelompok
·         Membawa perbekalan
·         Mendirikan kemah
·         Memakai pakaian yang sesuai
·         Melakukan kegiatan membuat api unggun dan memadamkannya

I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan kegiatan berkemah
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Melatih setia kawan/ solidaritas dan kemandirian
·         Peduli terhadap lingkungan sekitar
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Aktifitas di luar lingkungan sekolah
·         Berkemah
·         Melatih tantangan
·          
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan sesuai kelompok
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 25
·         Memperagakan cara membuat perencanaan
·         Membagi tugas dalam kelompok
·         Membawa perbekalan
·         Mendirikan kemah
·         Memakai pakaian yang sesuai
·         Melakukan kegiatan membuat api unggun dan  cara memadamkannya
 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Tenda
·         Tanda jejak
·         Pengalaman
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   26 [ dua puluh enam]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
11. Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
Kompetensi Dasar ;
11.2 Mempraktikkan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan


Indikator:     
·         Melakukan kegiatan mencari jejak / wide games
·         Melakukan kerjasama dalam perjalanan
·          
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan kegiatan berkemah
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Melatih setia kawan/ solidaritas dan kemandirian
·         Peduli terhadap lingkungan sekitar
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Aktifitas di luar lingkungan sekolah
·         Berkemah
·         Melatih tantangan
·          
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan sesuai kelompok
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 26
·         Memperagakan cara membuat perencanaan
·         Membagi tugas dalam kelompok
·         Membawa perbekalan
·         Memakai pakaian yang sesuai


·         Melakukan kegiatan mencari jejak / wide games
·         Melakukan kerjasama dalam perjalanan
 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam melakukan gerakan

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Tenda
·         Tanda jejak
·         Pengalaman
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian




































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   27 [ dua puluh tujuh]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
 11. Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
Kompetensi Dasar ;
11.3  Mempraktikkan pola hidup sehat
,
Indikator:     
·         Melakukan mandi setiap hari dua kali
·         Berpakaian selalu rapi
·         Merawat badan, kuku, dan rambut
·         Makan yang teratur dan bergizi
·          
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  melakukan kegiatan berkemah
·         Melatih keberanian dan percaya diri
·         Melatih setia kawan/ solidaritas dan kemandirian
·         Peduli terhadap lingkungan sekitar
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Aktifitas di luar lingkungan sekolah
·         Berkemah
·         Melatih tantangan
·         Pola hidup sehat
·          
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan sesuai kelompok
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 27
·         Melakukan mandi setiap hari dua kali
·         Memperagakan cara  berpakaian rapi
·         Cara merawat badan, kuku, dan rambut
·         Makan yang teratur dan bergizi
·            Melakukan berolahraga denganteratur
 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaiki tentang kebiasaan yang tidak menyehatkan  

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Tenda
·         Tanda jejak
·         Pengalaman
·          
VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Non Tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian





































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   28 [ dua puluh delapan]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar ;
12.1 Mengenal berbagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan
,

Indikator:     
·         Menyebutkan alat-alat kebersihan
·         Mempraktekkan cara penggunaan alat kebersihan
·         Membuang sampah pada tempatnya
·          
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  mengenal alat kebersihan
·         Melatih cara menjaga kebersihan lingkungan
·         Peduli terhadap lingkungan sekitar
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Menjaga kebersihan lingkungan
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Mengkondisikan siswa di kelas
  • Mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan di ajarkan


B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 28
·         Menyebutkan alat-alat kebersihan
·         Menjelaskan kegunaan alat alat kebersihan
·         Mempraktekkan cara penggunaan alat kebersihan
·         Menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah maupun di sekolah
·          
 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memberikan penguatan serta menyimpulkan materi

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Buku Kesehatan
·         Gambar-gambar yang ada hubungan dengan pembelajaran

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Tes Non tes
B. Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
·   Tes Tulis
C. Instrumen
·   Soal Praktek / format penilaian
·   Soal tulis









































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
   
Pertemuan ke
:   29 [ dua puluh sembilan]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar ;
12.2 Menjaga kebersihan lingkungan  terhadap sumber penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
.

Indikator:     
·         Menyebutkan jenis hewan yang menularkan penyakit
·         Menyebutkan tempat tempat sumber penyakit
·         Menyebutkan cara membersihkan tempat yang dapat menularkan penyakit
·         Menyebutkan cara membasmi tempat sumber penularan penyakit
·          
I.    Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat  mengenal alat kebersihan
·         Melatih cara menjaga kebersihan lingkungan
·         Peduli terhadap lingkungan sekitar
·          
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Sumber penularan penyakit
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               diskusi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Mengkondisikan siswa di kelas
  • Mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan di ajarkan
  • Menjelaskan materi yang di ajarkan kepada siswa


B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan 29
·         Menyebutkan jenis hewan yang dapat menularkan penyakit misalnya tikus, lalat, nyamuk, anjing , kera
·         Menyebutkan tempat tempat sumber penyakit
·         Menyebutkan cara membersihkan tempat yang dapat menularkan penyakit
·       Menyebutkan cara membasmi tempat sumber penularan penyakit
·          
 

   C.     Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memberikan penguatan serta menyimpulkan materi

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Buku Kesehatan
·         Gambar-gambar yang ada hubungan dengan pembelajaran

VI.      Penilaian:
A. Tekhnik :
·   Tes Non tes
B. Bentuk
·    Tes lisan
·   Tes Tulis
C. Instrumen
·   Soal tulis



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar