Follow by Email

Sabtu, 20 Agustus 2011

RPP IPS KLS 4 SEM 1 DAN 2


 
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


KELAS  IV
SEMESTER  1
                                                                       



Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :    IV/I
Alokasi Waktu               :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)
_________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi       : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                                 bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.   Kompetensi Dasar          : Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi)
                                                dengan menggunakan skala sederhana
III. lndikator                           : ● Membaca lambang/simbol dalam peta daerah tempat
                                                    tinggalnya
                                             ● Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota
                                                daerahtempat tinggalnya pada peta seperti tempat
                                                 bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain
                                                ● Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)
                                                ● Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat
                                                    tinggalnya
                                            ● Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat
                                               tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana

IV. Materi Pokok
     Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 3)
     Pertemuan 1
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab seputar peta dan simbolnya
Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Mereauke
2.    Kegiatan inti
       - Siswa ditugasi membaca lambang/simbol pada peta
- Menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta
3.    Kegiatan akhir
                        Menugasi anak maju membaca peta dan menunjukkan tempat-tempat penting
            di daerah kabupaten/kota, dan provinsi tempat tinggalnya
     Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
- Tanya jawab tentang jumlah daerah kabupaten/kota di provinsinya
-  Guru memanfaatkan peta untuk menunjukkan daerahnya
2.    Kegiatan inti
- Menunjukkan daerah tempat  tinggalnya
- Menunjukkan tempat ibukota daerah kabupaten/kota dan provinsinya beserta nama
  daerah ibukota tersebut
3.    Kegiatan akhir
            Secara acak guru menugasi murid untuk menunjukkan daerah tempat tinggalnya
     Pertemuan 3
1.      Kegiatan awal
Guru menunjukkan daerah tempat tinggal anak-anak
dan menyuruh murid mengamati peta yang ada di papan tulis
2.      Kegiatan inti
- Guru menjelaskan langkah-langkah menggambar peta
            - Murid menggambar peta dengan menggunakan skala sederhana   
     3.   Kegiatan akhir
           Siswa ditugasi menggambar peta

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Peta/atlas/globe dan peralatan menggambar
2.    Sumber                  : Buku IPS Asy’ari kelas IV SD Erlangga halaman 1 - 10
                                             Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
     Tes dan nontes
     Tes
      Dalam tes ini disajikan dengan tes tulis bentuk uraian
      Sedangkan dalam nontes disajikan kinerja, penugasan, dan portofolio

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud legenda pada sebuah peta?
2. Jelaskan manfaat skala dalam peta!
3. Apa artinya skala 1 : 1.000.000 dalam suatu peta?
4. Tulislah apa saja tempat-tempat penting yang ada di daerah tempat tinggalmu!
5. Tulislah langkah-langkah menggambar peta!

     Nontes
1.    Kinerja                    : Kesungguhan anak membaca simbol/lambang dalam peta
2.    Penugasan             : Menunjukkankan letak tempat-tempat penting dalam peta
     3.    Portofolio               : Menggambar peta Indonesia dengan diperbesar 2 kali

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV



                          Mengetahui,                                                Jakarta, …………………20….
                       Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke-  4 sampai 6 (3 minggu)
_________________________________________________________________________

I.      Standar Kompetensi :   Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                               bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.    Kompetensi Dasar    :   Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/
kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya                         
III.   lndikator                     :   ● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota
                        provinsi tempat tinggalnya
                     ● Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
                     ● Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
                     ● Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
                     ● Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
Pertemuan 1
1.      Kegiatan awal
Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan
alam lainnya yang ada di daerahnya
2.      Kegiatan inti
-      Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
-      Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten/kota dan provinsi setempat
-      Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di daerahnya
3.      Kegiatan akhir
Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
2.    Kegiatan inti
-      MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya
-      Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
3.    Kegiatan akhir
Siswa merangkum materi pelajaran
     Pertemuan 3
     1.    Kegiatan awal
            Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
     2.    Kegiatan inti
            -     Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
            -     Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya
            -     Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
     3.    Kegiatan akhir
            Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.  Alat Peraga              : Gambar kenampakan/pemandangan alam
                                   Gambar pakaian adat
                                    Gambar rumah adat
Gambar gunung meletus
Gambar bencana alam banjir
2.  Sumber                    :  Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11 - 28
                                              Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan Nontes
Tes
Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
2. Pabrik termasuk kenampakan alam ....
3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
4. Suku Sasak terdapat di Provinsi ....
5. Rumah gadang terdapat di daerah ....
6. Tari jaipongan ada di daerah ....
7. Masyarakat pesisir kebanyakan bekerja di bidang ....
8. Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa ....
9. Keris sebagai senjata tradisional dari ....
10. Rumah joglo berasal dari ....


Nontes
Disajikan dalam bentuk
1. Performance/kinerja     : Siswa satu persatu maju untuk menunjukkan gunung, sungai,
                                            danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi tempat tinggal-
                                            nya
2. Produk/hasil                   : Menggambar rumah adat
3. Penugasan                    : Mengerjakan latihan evaluasi/PR
4. Portofolio                       : Mengadakan kunjungan wisata di daerahnya kemudian membuat
                                             laporan dan diserahkan ke gurunya

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV




                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………
                                                           











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke- 7 sampai 9 (3 minggu)
_________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi  : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                             bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II.   Kompetensi Dasar      : Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
                                            pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan
                                             setempat
III. lndikator                      : ● Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang berhu-
                                               bungan dengan kegiatan ekonomi
                                        ● Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran
                                           sumber daya alam
                                        ● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di
                                          Iingkungan setempat
                                             ● Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan
                                                tempat tinggalnya
                   ● Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
                   ●Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya

IV. Materi Pokok
Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 7 - 9)
     Pertemuan 1
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan indukator nomor 1 dan 2 pelajaran di atas
2.    Kegiatan inti
-      Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam
-      Menggunakan peta untuk menunjukkan tempat-tempat penghasil sumber daya
       alam dan persebarannya
3.    Kegiatan akhir
            Menunjukkan dalam peta jenis-jenis sumber daya alam dan persebarannya
     Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran minggu lalu tentang jenis-jenis sumber daya alam
2.    Kegiatan inti
Menunjukkan pada peta tempat persebaran sumber daya alam
3.    Kegiatan akhir
            Mencatat tempat-tempat persebaran sumber daya alam
     Pertemuan 3
1.    Kegiatan awal
            Tanya jawab yang berhubungan dengan indikator nomor 5 dan 6 pelajaran di atas
2.    Kegiatan inti .
            Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
            Membuat
3.    Kegiatan akhir
            Mengerjakan ulangan harian

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya
                                        Gambar berbagai jenis sumber daya alam
2.    Sumber                  : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 29 - 56  
                                             Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dilakukan dengan tes tulis bentuk uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Ada berapa macam sumber daya alam itu?
2. Sumber daya alam apa saja yang tidak dapat diperbaharui?
3. Di daerah manakah banyak terdapat kelapa sawit?
4. Provinsi manakah yang menghasilkan gas alam cair terbesar di Indonesia?
5. Kegiatan ekonomi apa saja yang terbesar di daerahmu?

Nontes
Dilakukan dalam bentuk
1. Penugasan                    : Menunjukkan pada peta tempat-tempat yang terdapat sumber
                                            daya alam di daerah tempat tinggalnya
2. Portofolio                       : Membuat diagram pembagian sumber daya alam beserta contoh
                                             dan manfaatnya. Kemudian dipresentasikan di depan kelas

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV


              Mengetahui,                                                                Jakarta, …………………20….
               Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke-10 sampai 12 (3 minggu)
_________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi  : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                             bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II.   Kompetensi Dasar      : Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
                                            (kabupaten/kota, provinsi)
III. lndikator                      : ● Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika”
                                                                        ● Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
                                        ● Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan
                                          budaya setempat
                                        ● Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa
                                          dan budaya setempat
                                        ● Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan
                                          budaya di masyarakat
                                            ● Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me-
                                                lalui peta

IV. Materi Pokok
     Keanekaragaman suku bangsa dan budaya

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 10 - 12)
     Pertemuan 1
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang pengertian “Bhineka Tunggal Ika”
Siswa diajak menyanyi lagu ”Garuda Pancasila” 
2.    Kegiatan inti
-   Menjelaskan pengertian “Bhineka Tunggal Ika”
-   Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3.    Kegiatan akhir
            Menunjukkan letak tulisan dalam burung garuda Pancasila
     Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang keragaman adat istiadat dan budaya yang ada di Iingkungannya
2.    Kegiatan inti
Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
3.    Kegiatan akhir
-   Mencatat rangkuman tentang materi yang diajarkan
-   Menyimpulkan hasil diskusi
     Pertemuan 3
1.    Kegiatan awal
Siswa diajak menyanyi lagu yang relevan dengan pembahasan
2.    Kegiatan inti
Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa di masyarakat
Menunjukkan keragaman budaya di daerahnya melalui peta
     3.   Kegiatan akhir
           Mengamati peta dan menunjukkannya

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar-gambar aneka suku bangsa dan budaya
2.    Sumber                  : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 57 - 74
                                       Buku pendamping yang relevan                                    
VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dilakukan dengan tes tulis bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Bhinneka Tunggalka berasal dari bahasa ....
2. Bhinneka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetapi tetap ....
3. Untuk mengikat rasa persatuan dan kesatuan maka perlu mengamalkan
    lambang negara kita....
4. Patih Gajah Mada berusaha keras mempersatukan wilayah ....
5. Suku Gayo terdapat di wilayah Provinsi ….
6. Suku Batak terdapat di wilayah Provinsi ….
7. Hutauruk berasal dari suku Batak, Ujang dari Jawa Barat, Jiung dari suku Betawi, Joko
    berasal dari suku Jawa, dan I Ketut dari Bali. Boleh berbeda suku tetapi harus tetap ....
8. Sumpah Palapa dicetuskan oleh ....
9. Sumpah Pemuda dikumandangkan pada tanggal ....
10. Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kunci utama ... negara.

Nontes
Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:
1. Kinerja                           : Siswa maju menyampaikan nama-nama suku di wilayah Jawa
                                            dengan menggunakan peta
2. Produk/hasil                   : Memberi warna pada burung garuda
3. Portofolio                       : Membuat poster dengan tulisan huruf tegak bersambung

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga!

                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke 13 sampai 15 (3 minggu)
__________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi  : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                             bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II.  Kompetensi Dasar      : Menghargai berbagai peninggalan  sejarah di Iingkungan
                                             setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya
III.   lndikator                     :    ● Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di Iingkungan
                                                  setempat
                                           ● Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu
                                             tempat dan berbagai sumber
                                           ● Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan
                                             bersejarah di Iingkungan setempat
                                           ● Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan
                                             setempat
                                           ● Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
                                           ● Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
                                           ● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat
                                             bersejarah di Iingkungan setempat


IV. Materi Pokok
     Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 13 - 15)
     Pertemuan 1
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang peninggalan sejarah
2.    Kegiatan inti
-    Mencatat peninggalan  sejarah yang ada di Iingkungan setempat
-    Mencari dan mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat
3.    Kegiatan akhir
            Membuat rangkuman dan mencatat macam-macam peninggalen sejarah yang ada di Iingkungan
     Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang cini-ciri peninggalan sejarah
2.    Kegiatan inti
-    Mengelompokkan jenis dan ciri peninggalan  sejarah yang ada di lingkungan setempat
-    Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
     3.    Kegiatan akhir
            Pendalaman materi tentang pengelompokkan peninggalan bersejarah dan menceritakannya di depan kelas
     Pertemuan 3
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab mengulang materi pertemuan 1 dan 2
2.    Kegiatan inti
            - Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
       - Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
       - Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan
         setempat

3.    Kegiatan akhir
-    Mengumpulkan gambar tempat-tempat peninggalan bersejarah
-    Mengumpulkan hasil laporan  kunjungan ke tempat-tempat bersejarah

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar-gambar peninggalan bersejarah (misal; Candi Boro-budur, gereja Katedral, masjid Maimun Medan, dan lain-lain)
2.    Sumber                  : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 75 - 86  
                                             Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
     Tes dan nontes
     Tes
     Dalam tes ini dilakukan secara tertulis bentuk uraian

     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Siapa yang bertanggung jawab menjaga kelestarian tempat bersejarah?
2. Tulislah apa saja yang termasuk tempat peninggalan bersejarah? 3 saja!
3. Bagaimana cara menjadi bangsa yang baik?
4. Berupa apakah peninggalan sejarah agama Hindu?
5. Di manakah tempat menyimpan benda-benda bersejarah?

Nontes
     Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:
1.    Penugasan             :  Menceritakan tentang tempat bersejarah dan asal-usul nama suatu tempat
2.    Portofolio               :  Membuat kliping tentang tempat bersejarah/peninggalan berse- jarah

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga


                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester               :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke-16 dan 17  (2 minggu)
                                           Materi terakhir untuk jatah semester I
_________________________________________________________________________

I.    Standar Kompetensi  : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
                                             bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II.   Kompetensi Dasar      : Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di
                                            lingkungannya
III. lndikator                      :    ● Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan
                                                  patriotisme
                                           ● Memberi contoh rela berkorban
                                           ● Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam
                                             membela bangsa dan negara
                                           ● Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-
                                             jasa mereka
                                           ● Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar
                                           ● Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-
                                             hari

IV. Materi Pokok
            Meneladani patriotisme dan kepahlawanan

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan ke-16 dan 17 terakhir untuk semester I)
     Pertemuan 1
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang kepahlawanan dan patriotisme
2.    Kegiatan inti
-    Menjelaskan pentingnya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
-    Memberikan contoh sikap rela berkorban untuk sesama
-    Menunjukkan sikap positif jasa pahlawan dalam membela bangsa dan negara dengan bermain peran.
3.    Kegiatan akhir
            Siswa diajak membuat rangkuman tentang sikap-sikap kepahlawanan, contoh perbuatan rela berkorban, sikap positif jasa para pahlawan.
    
     Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Tanya jawab kepahlawanan dan patriotisme
2.    Kegiatan inti
-    Menjelaskan cara menghargai jasa-jasa pahlawan
-    Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar
-    Memberikan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Kegiatan akhir
            Pemantapan dengan membuat rangkuman tentang jasa-jasa pahlawan dan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari.

     Pertemuan 3
     Ulangan harian: materi pertemuan 1 dan 2 soal di buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga


VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar pahlawan dan gambar tempat bersejarah
2.    Sumber                  : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 87 - 106
                                             Buku pendamping yang relevan
VII. Penilaian
     Tes dan nontes
     Tes tulis dilakukan dengan soal uraian

     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
     1. Apa sebutan atau gelar untuk Sultan Hasanuddin?
     2. Tulislah siapa saja nama-nama pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat!
     3. Siapakah K.H. Hasyim Asy’ari itu?
     4. Siapa pula K.H. Ahmad Dahlan itu?
     5. Sebutan apakah untuk nama-nama pahlawan yang berasal dari Aceh?

     Nontes
1.    Kinerja                    : Kesungguhan bermain peran dalam meng­hayati sikap kepahla- wanan dan patriotisme
2.    Penugasan             : Membuat laporan hasil diskusi tentang contoh sikap dan
                                       patriotisme, rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan dan
                                       berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari
     3.    Portofolio               : Membuat cerita tentang pahlawan yang berasal dari daerah tem-
                                             pat tinggalnya (kabupaten/kota atau provinsi) dengan tulisan te-
                                             gak bersambung

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga



                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………




















 
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


KELAS  IV
SEMESTER  2
                                                                       



Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                 :    IV/II
Alokasi Waktu                   :    12 jam pelajaran @ 35 menit
                                                Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
 _________________________________________________________________________

I. Standar Kompetensi    :    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan
                                               teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar      :    Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber
                                              daya alam dan potensi lain di daerahnya
III. lndikator                      :    ● Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-
                                                  nya
                                                ● Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
                                           ● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
                                           ● Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
                                           ● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah
                                               tempat tinggalnya
                                           ● Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerah-
                                              nya
                                           ● Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,
                                               mineral dan energi dan sumber daya ruang
                                           ● Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-
                                               pat sumber daya alam tersebut

IV.        Materi Pokok
Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di
daerahnya

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 -  4)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
    Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
2. Kegiatan inti
    Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekono-
    mi di daerahnya
    Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
3. Kegiatan akhir
    Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
    Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
    Tanya jawab materi pelajaran
2. Kegiatan inti
         Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam
         Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
3. Kegiatan akhir
    Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam



Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
    Menjawab pertanyaan guru
2. Kegiatan inti
    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
    Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
3. Kegiatan akhir
    Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
    Mengamati peta di papan tulis
    Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
2. Kegiatan inti
    Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
    Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
3. Kegiatan akhir
    Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan
    ekonomi di daerahnya

VI.        Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar berbagai jenis sumber daya alam
2.    Sumber                  : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 107 - 116
                                             Buku pendamping IPS yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tertulis: Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tulislah tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
2. Tulislah tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
3. Tulislah potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
4. Jelaskan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau pu-
    nah!
5. Apa saja manfaat sumber daya alam pertanian?

Nontes
1. Performance                 : Menceritakan di depan kelas tentang manfaat sumber daya
                                             alam bagi kehidupan manusia
2. Portofolio                       : Membuat pembagian 4 sumber daya alam yang ada di daerah
                                             tempat tinggalnya

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga



                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………
                                                                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester               :    IV/II
Alokasi Waktu                   :    12 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 5 sampai 8 (4 minggu)
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

I. Standar Kompetensi    :    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar      :    Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kese-jahteraan masyarakat
III. lndikator                      :    ● Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor kope-
                                                  rasi
                                                ● Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya
                                           ● Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota
                                           ● Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan
                                             dalam koperasi
                                           ● Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara
                                           ● Membuat bagan struktur pengurus koperasi
                                               ● Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di
                                             dalam masyarakat

IV.        Materi Pokok
Pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 5 - 8)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
    Mengamati gambar/lambang koperasi
2. Kegiatan inti
    Menyebutkan kegiatan koperasi
    Mengelompokkan jenis-jenis koperasi
3. Kegiatan akhir
    Membuat rangkuman materi pelajaran

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
    Mengamati barang-barang yang biasanya dijual di koperasi
    Tanya jawab tentang jenis barang dan manfaatnya
2. Kegiatan inti
    Menjelaskan tentang manfaat koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan dalam koperasi
3. Kegiatan akhir
    Menyampaikan di depan kelas manfaat koperasi

Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
    Memperhatikan bagan pengurus koperasi
2. Kegiatan inti
    Membedakan koperasi dengan BUMN
    Membuat bagan pengurus koperasi
3. Kegiatan akhir
    Membuat bagan pengurus koperasi yang ada di daerahnya


Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
    Guru memceritakan manfaat koperasi
2. Kegiatan inti
    Menceritakan manfaat koperasi yang ada di daerahnya
3. Kegiatan akhir
    Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar kegiatan koperasi
2.    Sumber                  : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 117 - 124
                                             Buku pendamping tentang koperasi

VI.        Penilaian
Tes dan nontes
Tertulis                          : Isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan pada asas ....
2. Bank-bank pemerintah termasuk ....
3. Koperasi di Indonesia yang pertama kali didirikan oleh ....
4. Modal koperasi berasal dari ....
5. Kekuasaan tertinggi pada koperasi dipegang oleh ....

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance                 : Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi
2. Portofolio                       : Mengisi kolom bentuk-bentuk koperasi di Indonesia

Catatan:
Untuk lebih jelasnya tentang penilaian ini lihat buku IPS Kelas IV Asy’ari Erlangga
-

                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester               :    IV/II
Alokasi Waktu                   :    15 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

I. Standar Kompetensi    :    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan
                                               teknologi di lingkungan kabupaten kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar      :    Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan
                                               transportasi serta pengalaman menggunakannya
III. lndikator                      :    ● Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada
                                                  masa lalu dan masa sekarang
                                                ● Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan
                                                  sekarang
                                           ● Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan
                                             masa kini
                                           ● Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi
                                             lalu dan sekarang
                                           ● Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi
                                             masa lalu dan masa kini

                                               ● Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi
                                                   pada masa lalu dan masa sekarang
                                                ● Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan
                                                  sekarang
                                           ● Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan
                                             masa kini
                                           ● Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi
                                             lalu dan sekarang
                                           ● Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi
                                             masa lalu dan masa kini

                                               ● Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi
                                                   pada masa lalu dan masa sekarang
                                                ● Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan
                                                  sekarang
                                           ● Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan
                                             masa kini
                                           ● Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi
                                             lalu dan sekarang
                                           ● Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi
                                             masa lalu dan masa kini



IV.        Materi Pokok
     Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi 

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
  Pertemuan 1
  1. Kegiatan awal
      Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
  2. Kegiatan inti
      Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
      Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
      Menunjukkan peralatannya
      Menyebutkan macam-macamnya
      Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
      Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
      3. Kegiatan akhir
     Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

  Pertemuan 2
  1. Kegiatan awal
      Mengamati gambar bermacam-macam teknologi komunikasi
  2. Kegiatan inti
      Mengelompokkan teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
      Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
      Menunjukkan peralatannya
      Menyebutkan macam-macamnya
      Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
      Menggunakan teknologi komunikasi secara sederhana
      3. Kegiatan akhir
     Membuat simpulan tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini


   Pertemuan 3
   1. Kegiatan awal
      Mengamati gambar bermacam-macam teknologi transportasi
   2. Kegiatan inti
      Mengelompokkan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
      Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
      Menunjukkan peralatannya
      Menyebutkan macam-macamnya
      Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
      Menggunakan teknologi transportasi secara sederhana
      3. Kegiatan akhir
     Membuat simpulan tentang teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

   Pertemuan 4
  1. Kegiatan awal
      Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
  2. Kegiatan inti
      Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif
  3. Kegiatan akhir
      Menilai hasil pekerjaan murid

  Pertemuan 5
  Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai
  bentuk soal

VI.        Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan
                                        transportasi
2.    Sumber                  : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 125 - 140
                                             Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VI.        Penilaian
Tes dan nontes 
Tertulis                          : Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
2. Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
3. Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
4. Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
5. Penemu telepon adalah ....

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance/kinerja     : Bercerita di depan kelas/kelompoknya tentang teknologi produk-
                                             si, komunikasi atau transportasi
2. Produk/hasil                   : Menggambar salah satu dari ke tiga teknologi tersebut
3. Portofolio                       : Mengisi tabel tentang ke tiga teknologi tersebut

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                  :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester               :    IV/II
Alokasi Waktu                   :    12 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan minggu ke- 14 - 17 (4 minggu)
                                           Minggu terakhir pada jatah semester II
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

I. Standar Kompetensi    :    Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan
                                               teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar      :    Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
III. lndikator                      :    ● Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-
                                                  ten/kota, provinsi)
                                                ● Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di
                                                    daerahnya
                                           ● Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan penga-
                                             ruhnya terhadap kegiatan masyarakat
                                           ● Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya
                                           ● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam
                                             masyarakat
                                           ● Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerah-
                                               nya
                                           ● Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak
                                               dan orang tua
                                           ● Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dili-
                                             hatnya di depan kelas atau kelompoknya

IV.        Materi Pokok
     Masalahan sosial 

V. Kegiatan Pembelajaran  (Pertemuan 14 - 17)
 Pertemuan 1
 1. Kegiatan awal
     Mengamati gambar kegiatan memperbaiki jembatan
2. Kegiatan inti
    Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya di daerahnya
    Mengelompokkan kegiatan sosial budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
    Merangkum pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
    Tanya jawab yang berhubungan dengan materi pelajaran
    2. Kegiatan inti
   Menjelaskan tentang manfaat kegiatan sosial budaya di daerahnya
   Menjelaskan akibat bencana alam terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat
3.Kegiatan akhir
   Menyimpulkan penjelasan guru

Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
    Melalui gambar murid menunjukkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya masyarakat
2. Kegiatan inti
    Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial dan budaya
    Menunjukkan tempat kegiatan sosial budaya tersebut
3. Kegiatan akhir
    Mendiskusikan dengan kelompoknya kegiatan sosial budaya di masyarakat

 Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
         Tanya jawab materi pelajaran
          Melalui pengamatan anak dapat membedakan kegiatan sosial dan budaya di masya-
          kat
2.  Kegiatan inti
     Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat.
­       Membedakan bentuk kegiatan sosial dan budaya di masyarakat
       Menceritakan tentang kegiatan sosial budaya di masyarakat
  3.  Kegiatan akhir
     Menjawab pertanyaan lisan dari gurunya


VI.        Alat dan Sumber Bahan
1.    Alat Peraga            : Gambar kegiatan sosial (kerja bakti) dan budaya
2.    Sumber                  : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 141 - 157
                                             Buku pendamping IPS kelas IV yang relevan

VII. Penilaian
  Tes dan nontes          
  Tulis                            :  Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan yang dimaksud lingkungan sosial!
2. Jelaskan dua akibat jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali!
3. Jelaskan dua cara pemerintah dalam mengatasi kebodohan!
4. Jelaskan empat cara melindungi diri dari kejahatan!
5. Tuliskan tiga ciri keluarga miskin!

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance                 : Bercerita di depan kelas/kelompok tentang masalah sosial dan
                                              budaya di daerahnya
2. Portofolio                       : Membuat poster tentang kepedulian masalah sosial

                Mengetahui,                                                               Jakarta, …………………20….
                Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV



                  ……………………….                                                ……………………….
                NIP………………………                                           NIP………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar