Jumat, 19 Agustus 2011

RPP B. INGGRIS KLS 1 SEM 1 DAN 2


 















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS  I
SEMESTER  1 & 2

           
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : Memahami instruksi sangat sederhana dengan
  tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan
  ucapan lantang
Indikator                                 : - Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan
    guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara
    lantang
                                                  - Merespon dengan mengulang apa yang  diucapkan
    guru atau didengar dari kaset/CD dengan
    pengucapan bahasa Inggris yang benar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                dengan suara lantang
                                                   - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                 dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Metode Pembelajaran         : - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara  
     lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan
     atau didengar dari kaset/CD
   - Masing-masing siswa mengulang dengan suara  
     lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan
     guru atau didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.    Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
·  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Merespon dengan mengulang secara lisan
  3. Contoh instrumen:
Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                            tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 1.2     Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
                                                            instruksi secara berterima
Indikator                                 :  1.2.1 Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi
                                                             yang didengar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  didengar dengan benar   
Metode Pembelajaran         : Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD
                                                  bersama-sama
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
  1. Kegiatan Inti
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
·  Guru membagi siswa dalam kelompok dan secara bergantian masing-masing kelompok memperagakan instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:
Listen to the instructions and follow them..
Guru: Jump.
Murid: (melompat)





Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 2.   Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
                                                        konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
                                                        informasi secara berterima yang melibatkan tindak       
                                                        tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan
                                                        seseorang
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 2.1.1 menanyakan suatu benda
                                                 2.1.2 menanyakan seseorang
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      suatu benda
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      seseorang
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan 
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                     dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally!

What is this?

Who is he?

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogues in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 2.   Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
                                                        konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
                                                        berterima yang melibatkan tindak tutur:
                                                        menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
                                                        seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 2.1.1 menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
           seseorang
                                                 2.1.2 menyebutkan ukuran sebuah benda
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan 
                                                      kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
                                                      ukuran sebuah benda
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                   4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                   5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                       percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally.
(siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat 
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 3.1    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
                                                           yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
                                                           frasa, dan kalimat sangat sederhana 
Indikator                                 : 3.1.1 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik
                                                           dan benar
                                                  3.1.2 Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan
                                                           intonasi yang benar
                                                  3.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan baik dan benar
                                                  2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang mengerjakan PR ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan PR.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:

Read all the sentences aloud.

Puput is doing homework.

She is sitting on a chair.

She is writing in a book.

  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:

Read all the sentences loudly and carefully.

Mrs Tini is my teacher.

Her shoes are big.

My shoes are small.

Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris



(________________________)                   (_______________________­)














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 3.2    Memahami kalimat dan teks deskriptif 
                                                           bergambar sangat sederhana secara tepat dan
                                                           berterima   
Indikator                                 : 3.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                           kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  3.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
                                                           deskriptif bergambar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam teks deskriptif bergambar
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                      dalam bacaan 
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
                                                      mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang mengerjakan PR ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang sedang mengerjakan PR.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang mengerjakan PR, guru bertanya apakah siswa rajin mengerjakan PR.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
  3. Contoh instrumen:

Point to the student in the picture described in the text.


Puput is doing homework.

She is sitting on a chair.

She is writing in a book.




Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 4.1    Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana  secara tepat dan berterima dengan
                                                           ejaan yang benar     
Indikator                                 : 4.1.1 Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan
                                                           ejaan yang benar   
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar
                                                  dengan ejaan yang benar   
Metode Pembelajaran         : Siswa mengeja kosakata materi terkait berdasarkan
                                                  gambar yang terdapat dalam buku teks
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas topik tentang kegiatan di kelas.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.    Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menebalkan garis putus-putus nama benda-benda yang terdapat pada gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menebalkan nama-nama benda dengan ejaan yang benar.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama benda berdasarkan benda yang guru pegang di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
  3. Contoh instrumen:

Trace  names of certain objects with the correct spelling.

(gambar book)

(gambar pencil)

(gambar chalk)

(gambar pencil sharpener)

(gambar rubber)


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/1
Standar Kompetensi           : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 4.2    Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana secara tepat dan berterima    
Indikator                                 : 4.2.1 Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
                                                           yang sesuai
                                                  4.2.2 Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi
                                                           terkait dengan benar dan sesuai dengan gambar yang 
                                                           tepat
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata
                                                      dengan gambar yang sesuai
                                                  2. Siswa dapat menulis nama-nama alat tulis, kata sifat,
                                                      atau materi terkait dengan benar dan sesuai dengan
                                                      gambar yang tepat 
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
                                                      gambar
                                                  2. Siswa menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas ketika akan membahas topik tentang kegiatan di kelas.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar dan menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat sesuai dengan gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat berdasarkan apa yang guru ucapkan.
·  Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:

Write names of the objects based on the pictures.

(gambar buku, pensil, penghapus, kapur, peraut pensil)


  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:

Write the adjectives based on the pictures.

(gamba-gambar anak perempuan dengan rambut panjang, anak laki-laki dengan rambut pendek, sepatu orang dewasa, sepatu anak-anak )



Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 5.1    Merespon dengan mengulang kosakata baru dalam
                                                           berbagai permainan dengan ucapan lantang
Indikator                                 : 5.1.1 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
                                                           suara lantang
                                                  5.1.2 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
                                                           pengucapan bahasa Inggris yang benar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan suara lantang
                                                  2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru 
                                                      atau didengar dari kaset/CD
                                                  2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru
                                                      atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.    Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
·  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Merespon dengan mengulang secara lisan
  3. Contoh instrumen:
Listen to the names of games and repeat.

Guru: jackstone
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)





Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 5.2    Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
                                                           instruksi secara berterima
Indikator                                 : 5.2.1 Merespon dengan memperagakan instruksi-
                                                           instruksi yang didengar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  didengar dengan benar   
Metode Pembelajaran         : Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
2.    Kegiatan Inti
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
·  Guru memberi apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Jump.
Murid: (berpura-pura sedang melompat)





Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 6.      Mengungkapkan informasi sangat sederhana
                                                           dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 6.1    Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
                                                           sederhana secara berterima
Indikator                                 : 6.1.1 Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon 
                                                            pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
                                                            yang tepat
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat meniru pertanyaan dan respon pertanyaan
                                                  dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
Metode Pembelajaran         : Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                  pertanyaan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru mengucapkan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan yang menjadi fokus bahasan bab dengan lantang.
·  Siswa diminta meniru apa yang guru ucapkan dengan lantang secara klasikal.
·  Siswa dibagi ke dalam kelompok dan secara bergantian setiap kelompok berlatih meniru ujaran-ujaran yang diucapkan guru.
·  Selama siswa berlatih, guru memperhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Jika ada siswa yang melakukan kesalahan, guru segera membetulkan kesalahan tersebut.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan ujaran-ujaran yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.

Guru: Where is my bag?

Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)

Guru: It is here.

Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 6.    Mengungkapkan informasi sangat sederhana
                                                         dalam konteks kelas 
Kompetensi Dasar               : 6.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
                                                         informasi secara berterima yang melibatkan
                                                         tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan  
                                                         di mana suatu benda berada, dan menanyakan
                                                         kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 6.2.1 menyebutkan kepemilikan
                                                 6.2.2 menanyakan di mana suatu benda berada
                                                 6.2.3 menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan
                                                          seseorang
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
                                                      kepemilikan
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan di
                                                      mana suatu benda berada
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                   3. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                   4. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                       percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally.

Guru: What are you doing?

Siswa: I am playing marbles.

Guru: What are you doing?

Siswa: I am playing jackstone.

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogue in front of the class.
Siswa A:Where is my notebook?
Siswa B: It is here..

Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris



(________________________)                   (_______________________­)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
                                                           deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
                                                           konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 7.1    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
                                                           yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa
                                                           dan kalimat sangat sederhana 
Indikator                                 : 7.1.1 Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
                                                  7.1.2 Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang
                                                           benar
                                                  7.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat melafalkan frasa dan kalimat dengan
                                                      benar
                                                  2. Siswa dapat membaca frasa dan kalimat dengan
                                                      intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang bercerita ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak yang senang bercerita.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang anak yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:
Read the sentences aloud.


Angga is a student.
This is his classroom.
He likes to tell stories.
He tells a story in front of the class.


  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:
Read all the sentences loudly and carefully.

They play hide and seek.
We play see-saw.
I play slide.


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
                                                           deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
                                                           konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 7.2    Memahami kalimat dan teks deskriptif
                                                           bergambar sangat sederhana secara tepat dan
                                                           berterima   
Indikator                                 : 7.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                            kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  7.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
                                                           deskriptif bergambar
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam teks deskriptif bergambar
Metode Pembelajaran         : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                     dalam bacaan 
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
                                                      mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang bercerita ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak yang senang bercerita.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
2.    Kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang anak yang senang bercerita, guru bertanya kepada siswa cerita apa yang mereka senang ceritakan pada teman mereka.
Alat/Sumber Belajar:
1.    Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
2.    Buku-buku lain yang relevan
3.    Alat peraga
Penilaian:
a. Teknik: Tes unjuk kerja
b. Bentuk: Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
c. Contoh instrumen:
Point to the correct student in the picture described in the text.

Angga is a student.
This is his classroom.
He likes to tell stories.
He tells a story in front of the class.



Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar               : 8.1    Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana secara tepat dan berterima dengan
                                                           ejaan yang benar      
Indikator                                 : 8.1.1 Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
                                                           yang sesuai    
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata dengan
                                                  gambar yang sesuai    
Metode Pembelajaran         : Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
                                                  gambar 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.  Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka  ketika akan membahas tentang My Classroom.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.    Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama-nama benda yang ada di kelas yang terdapat pada gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama benda yang ada di kelas dengan ejaan yang benar.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama benda yang ada di kelas berdasarkan gambar atau benda yang guru pegang di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:
Trace names of the objects based on the pictures given.

(gambar pensil warna)
(gambar buku)
(gambar pensil)


Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris




(________________________)                   (_______________________­)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD                                          : _____________________
Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : I/2
Standar Kompetensi           : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks kelas 
Kompetensi Dasar               : 8.2    Melengkapi kosakata sangat sederhana
                                                           secara tepat dan berterima     
Indikator                                 : 8.2.1 Melengkapi kosakata dengan huruf yang sesuai
Alokasi Waktu                      : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran         : Siswa dapat melengkapi kosakata dengan huruf yang
                                                  sesuai
Metode Pembelajaran         : Siswa melengkapi kosakata berdasarkan gambar 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang belajar di kelas mereka  ketika akan membahas tentang My Classroom.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.    Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menulis kosakata sesuai dengan gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
3.    Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 1, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
a. Teknik: Tes tulis
b. Bentuk: Melengkapi kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
c. Contoh instrumen:
Complete the words by filling in  the  letters in the space provided.
(gambar karet penghapus)
(gambar buku)
(gambar kalender)
Mengetahui,                                                    ………………,………………………
Kepala SD ……………………                      Guru Bahasa Inggris

(________________________)                   (_______________________­)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar