Jumat, 19 Agustus 2011

RPP B. INGGRIS KLS 2 SEM 1 DAN 2


 















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS  II
SEMESTER  1 & 2

           
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.1    Merespon dengan mengulang kosakata atau
                                                            kalimat baru dengan ucapan lantang
Indikator                                 : 1.1.1 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                           dengan suara lantang
                                                  1.1.2 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                           dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan suara lantang
                                                  2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru
                                                     yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                  2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru
                                                      yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
·  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Merespon dengan mengulang secara lisan
  3. Contoh instrumen:
Listen to the sentences and repeat.
Guru: I get up at 5 o’clock
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)

Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                            tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.2     Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
                                                            instruksi secara berterima
Indikator                                 : 1.2.1 Merespon dengan memperagakan instruksi
                                                            instruksi yang didengar
1.2.2    Merespon dengan melengkapi kalimat yang                    
                                                            kosong
1.2.3    Merespon dengan mewarnai gambar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                      didengar dengan benar
                                                  2. Siswa dapat melengkapi kalimat yang kosong
                                                      berdasarkan instruksi dengan benar
                                                  3. Siswa dapat mewarnai gambar berdasarkan
                                                      instruksi dengan benar     
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                      diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
                                                      bersama-sama
                                                  2. Siswa melengkapi kalimat berdasarkan apa yang
                                                     dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
                                                  3. Siswa mewarnai gambar berdasarkan apa yang
                                                     dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja yang ada dalam gambar.
  1. Kegiatan Inti
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
·  Siswa diminta melengkapi kalimat berdasarkan apa yang dikatakan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD (siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual).
·  Siswa diminta mewarnai gambar berdasarkan apa yang dikatakan guru atau yang didengar dari kaset/CD (selama kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa mewarnai gambar dengan warna yang benar).
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi kalimat dan mewarnai gambar.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:
Listen to the instructions and follow them..
Guru: Say, “Happy Birthday!”
Murid: (mengucpkan “Happy Birthday!”)

  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Melengkapi
  3. Contoh instrumen:
Listen to the sentences and complete them.
It is ___ ____________.

  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Mewarnai
  3. Contoh instrumen:
Listen to the speaker and colour the picture.
(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
                                                        konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
                                                        informasi secara berterima yang melibatkan tindak        
                                                        tutur: menanyakan suatu benda, menanyakan di
                                                        mana suatu benda berada, dan menanyakan jumlah
                                                        benda
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 2.1.1 menanyakan suatu benda
                                                 2.1.2 menanyakan di mana suatu benda berada
                                                 2.1.3 menanyakan jumlah benda
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      suatu benda
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan di
                                                      mana suatu benda berada
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      jumlah benda
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan  
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                  4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                     dialog
                                                  5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                      percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally!

Do You have a candy?

When is your birthday?

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogue in front of the class!
(siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 2.   Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam
                                                        konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara
                                                        berterima yang melibatkan tindak tutur:
                                                        menyebutkan usia dan tanggal lahir serta
                                                        menyebutkan waktu
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 2.1.1 menyebutkan usia dan tanggal lahir
                                                 2.1.2 menyebutkan waktu
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
                                                      usia dan tanggal lahir
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyebutkan
                                                      waktu 
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                     dengan materi
                                                  2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                      pertanyaan
                                                  3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                   4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                   5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                       percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
3.  Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.

·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Tanya jawab
  3. Contoh instrumen:
Ask and answer the questions based on the situation or the picture given.
(siswa secara berpasangan melakukan tanya jawab dengan menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat  
                                                           sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 3.1    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
                                                           yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
                                                           frasa, dan kalimat sangat sederhana 
Indikator                                 : 3.1.1 Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik
                                                           dan benar
                                                  3.1.2 Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan
                                                           intonasi yang benar
                                                  3.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan baik dan benar
                                                  2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat
                                                      dengan intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan keluarganya yang mengunjungi Dunia Fantasi.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang Dunia Fantasi, guru bertanya apakah siswa senang pergi ke Dunia Fantasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:

Read the sentences aloud.

1. The elephant is grey.

2. The monkey is brown.

3. The parrot is green.

4. The duck is yellow.

5. The zebra is black and white.

  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:

Read all the sentences loudly and carefully.

    1. There are twelve months in a year.

    1. There are seven days in a week.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 3.2    Memahami kalimat dan teks deskriptif  
                                                           bergambar sangat sederhana secara tepat dan
                                                           berterima   
Indikator                                 : 3.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                           kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  3.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
                                                           deskriptif bergambar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam teks deskriptif bergambar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                      dalam bacaan  
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
                                                      mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan keluarganya yang mengunjungi Dunia Fantasi.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang Dunia Fantasi, guru bertanya apakah siswa senang pergi ke Dunia Fantasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
  3. Contoh instrumen:

Point to the correct objects in the pictures based on the text.

On Sunday, Lulu and her family go to the Dreamland. (gambar 1)
She rides on a roller coaster and a ferris wheel (gambar 2 dan 3)
Her brother says, “Let’s go on the bumper cars.” (gambar 4)
“No, let’s go on the merry-go-round,” Lulu says. (gambar 5)
They really have a great time.



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta   
                                                           didik 
Kompetensi Dasar                   : 4.1    Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana  secara tepat dan berterima dengan
                                                           ejaan yang benar     
Indikator                                 : 4.1.1 Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan
                                                           ejaan yang benar   
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat mengeja kosakata berdasarkan gambar
                                                  dengan ejaan yang benar   
Metode Pembelajaran             : Siswa mengeja kosakata materi terkait berdasarkan
                                                  gambar yang terdapat dalam buku teks
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas tentang Dreamland.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama benda-benda yang terdapat pada gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama benda dengan ejaan yang benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama benda berdasarkan benda yang guru pegang di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
  3. Contoh instrumen:

Write names of certain objects with the correct spelling.

(gambar bumper cars)

(gambar tea cups)

(gambar a ferris wheel)

(gambar a roller coaster)

(gambar a merry-go-round)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/1
Standar Kompetensi               : 4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
                                                           didik 
Kompetensi Dasar                   : 4.2    Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana secara tepat dan berterima    
Indikator                                 : 4.2.1 Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
                                                           yang sesuai
                                                  4.2.2 Menulis nama-nama benda, hewan, waktu, atau
                                                           materi terkait dengan benar dan sesuai gambar
                                                           yang tepat   
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata
                                                      dengan gambar yang sesuai
                                                  2. Siswa dapat menulis nama-nama benda, hewan,
                                                      waktu, atau materi terkait dengan benar dan sesuai
                                                      gambar yang tepat     
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
                                                      gambar
                                                  2. Siswa menulis nama-nama benda, hewan, waktu,
                                                      atau materi terkait sesuai dengan gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi Dunia Fantasi ketika akan membahas tentang Dreamland.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar dan menulis nama-nama benda, hewan, atau waktu sesuai dengan gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama benda, hewan, atau waktu berdasarkan apa yang guru ucapkan.
·  Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:

Write names of the animals by choosing the correct name in the box.

(gambar gajah, singa, unta, zebra, dan monyet)
(di bawah gambar-gambar ini terdapat nama-nama hewan tersebut dalam bahasa Inggris)

  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:

Write names of the objects in the pictures.

(gamba-gambar nama-nama permainan di Dunia Fantasi dan siswa harus menuliskan nama-nama permainan tersebut dalam bahasa Inggris)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 5.1    Merespon dengan mengulang kosakata atau
                                                           kalimat baru dalam berbagai permainan dengan
                                                           ucapan lantang
Indikator                                 : 5.1.1 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                           dengan suara lantang
                                                  5.1.2 Merespon dengan mengulang apa yang
                                                           diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                           dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan suara lantang
                                                  2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
                                                      dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru
                                                      yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
                                                  2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara
                                                      lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru
                                                      yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
·  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
·  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
·  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Merespon dengan mengulang secara lisan
  3. Contoh instrumen:
Listen to the sentences and repeat.

Guru: John hides behind the tree.
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan
                                                           tindakan dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 5.2    Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
                                                           instruksi secara berterima
Indikator                                 : 5.2.1 Merespon dengan memperagakan instruksi-
                                                           instruksi yang didengar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  didengar dengan benar        
Metode Pembelajaran             : Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang
                                                  diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa aktivitas apa saja yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama (sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang diberikan).
·  Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan instruksi yang diberikan.
·  Guru memberi apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Responding
  3. Contoh instrumen:

Listen to the instructions and follow them.

Guru: Let’s play the guitar.

Murid: (berpura-pura sedang bermain gitar)



Mengetahui,                                                       ………………,………………………

Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris


(________________________)                         (_______________________­)






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 6.      Mengungkapkan informasi sangat sederhana
                                                           dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 6.1    Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
                                                           sederhana secara berterima
Indikator                                 : 6.1.1 Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon  
                                                            pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
                                                            yang tepat
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat meniru pertanyaan dan respon pertanyaan
                                                  dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
Metode Pembelajaran             : Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon
                                                  pertanyaan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru mengucapkan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan yang menjadi fokus bahasan bab dengan lantang.
·  Siswa diminta meniru apa yang guru ucapkan dengan lantang secara klasikal.
·  Siswa dibagi ke dalam kelompok dan secara bergantian setiap kelompok berlatih meniru ujaran-ujaran yang diucapkan guru.
·  Selama siswa berlatih, guru memperhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Jika ada siswa yang melakukan kesalahan, guru segera membetulkan kesalahan tersebut.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan ujaran-ujaran yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.

Guru: What do you play?

Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)

Guru: I play football.

Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)


Mengetahui,                                                      ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 6.    Mengungkapkan informasi sangat sederhana
                                                         dalam konteks sekitar peserta didik 
Kompetensi Dasar                   : 6.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
                                                         informasi secara berterima yang melibatkan
                                                         tindak tutur: menanyakan kemahiran seseorang
                                                         dalam berbagai permainan, menanyakan di mana
                                                         suatu benda berada, dan menanyakan jumlah
                                                         benda
Indikator                                 : Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
 6.2.1 menanyakan kemahiran seseorang dalam berbagai   
          permainan
                                                 6.2.2 menanyakan di mana suatu benda berada
                                                 6.2.3 menanyakan jumlah benda
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      kemahiran seseorang dalam berbagai permainan
                                                  2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan di
                                                      mana suatu benda berada
                                                  3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menanyakan
                                                      jumlah benda
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan
                                                      dengan materi
                                                  2. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur
                                                      percakapan sesuai materi
                                                   3. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk
                                                      dialog
                                                   4. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan
                                                       percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
·  Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
·  Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
·  Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
·  Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
·  Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
·  Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes lisan
  2. Bentuk: Pertanyaan
  3. Contoh instrumen:
Answer the questions orally.

Guru: What do you play?

Siswa: I play the drum.

Guru: What do you play?

Siswa: I play the violin.

  1. Teknik: Unjuk kerja
  2. Bentuk: Performance
  3. Contoh instrumen:
Act out the dialogue in front of the class.

Siswa A:Where is my bike?

Siswa B: It is behind the storehouse.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
                                                           deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
                                                           konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 7.1    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi
                                                           yang tepat dan berterima yang melibatkan: frasa
                                                           dan kalimat sangat sederhana 
Indikator                                 : 7.1.1 Melafalkan frasa dan kalimat dengan benar
                                                  7.1.2 Membaca frasa dan kalimat dengan intonasi yang
                                                           benar
                                                  7.1.3 Membaca nyaring dengan baik dan benar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat melafalkan frasa dan kalimat dengan
                                                      benar
                                                  2. Siswa dapat membaca frasa dan kalimat dengan
                                                      intonasi yang benar
                                                  3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan
                                                      benar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang
                                                      perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: pronunciation dan  intonation
                                                  2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang
                                                      dilakukan guru
                                                  3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi
                                                      dan jeda sesuai model
                                                   4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal,
                                                       intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa dapat bermain alat musik atau senang dengan musik ketika akan membahas bacaan mengenai alat-alat musik.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
  1. Kegiatan Inti
·  Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
·  Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
·  Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
  1. Kegiatan Penutup
·  Guru bertanya apakah siswa memahami teks yang dibaca.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang alat musik, guru bertanya alat-alat musik apa saja yang siswa punya.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
  1. Teknik: Tes unjuk kerja
  2. Bentuk: Uji petik membaca nyaring
  3. Contoh instrumen:
Read the sentences aloud.

There are musical instruments in our classroom.
There is a piano.
There are two violins.
There is a drum set.
There are three guitars.
There are four trumpets.
Playing music is really fun.


  1. Teknik: Observasi
  2. Bentuk: Lembar observasi
  3. Contoh instrumen:
Read all the sentences loudly and carefully.

Dino hides under the bed.
Dino hides behind the bed.
The pillow is on the bed.
The book is in the drawer.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 7.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
                                                           deskriptif bergambar sangat sederhana dalam
                                                           konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 7.2    Memahami kalimat dan teks deskriptif
                                                           bergambar sangat sederhana secara tepat dan
                                                           berterima   
Indikator                                 : 7.2.1 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam
                                                            kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  7.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks
                                                           deskriptif bergambar
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam kalimat-kalimat sangat sederhana 
                                                  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi
                                                      dalam teks deskriptif bergambar
Metode Pembelajaran             : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-
                                                      kalimat sangat sederhana  
                                                  2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat
                                                     dalam bacaan  
                                                  3. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
                                                      mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa memiliki hewan peliharaan ketika akan membahas bacaan mengenai seorang anak dan hewan peliharaannya.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
·  Siswa membaca teks secara individual.
·  Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya mencocokkan gambar dengan deskripsi yang ada dalam teks.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
·  Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: bila teks yang dibaca tentang hewan peliharaan, guru bertanya apakah siswa senang memiliki hewan peliharaan.
Alat/Sumber Belajar:
1.      Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
2.      Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
a. Teknik: Tes unjuk kerja
b. Bentuk: Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
c. Contoh instrumen:
Read the text and say the names of the objects in the picture.

I have a cat.
His name is Popi.
Popi likes to hide behind the curtain.
He sleeps under my bed.
Sometimes, he plays on my lap.
I really love my cat, Popi.



Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
                                                           didik 
Kompetensi Dasar                   : 8.1    Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat
                                                           sederhana secara tepat dan berterima dengan
                                                           ejaan yang benar       
Indikator                                 : 8.1.1 Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar
                                                           yang sesuai     
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat menyalin dan mencocokkan kata dengan
                                                  gambar yang sesuai     
Metode Pembelajaran             : Siswa menyalin dan mencocokkan kosakata dengan
                                                  gambar  
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.  Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa senang berolahraga dan bermain musik ketika akan membahas tentang Music Class and Sports Class.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan memberi nama-nama olahraga dan alat musik yang terdapat pada gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis nama-nama olahraga dan alat musik dengan ejaan yang benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis nama-nama olahraga dan alat musik berdasarkan gambar atau benda yang guru pegang di papan tulis.
·  Guru mengingatkan siswa kembali mengenai ejaan yang benar yang berkaitan dengan kosakata yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
  1. Teknik: Tes tulis
  2. Bentuk: Menyalin kosakata sesuai dengan gambar
  3. Contoh instrumen:
Write names of the sports based on the pictures given.

(gambar anak bermain bola basket)
(gambar anak bermain sepak bola)
(gambar anak berenang)
(gambar anak bermain bisbol)


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : II/2
Standar Kompetensi               : 8.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris
                                                           sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
                                                           didik 
Kompetensi Dasar                   : 8.2    Melengkapi kalimat-kalimat sangat sederhana
                                                           secara tepat dan berterima     
Indikator                                 : 8.2.1 Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran               : Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang
                                                  sesuai
Metode Pembelajaran             : Siswa melengkapi kalimat dengan kata-kata yang
                                                  sesuai berdasarkan gambar 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
·  Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa pernah mengunjungi peternakan ketika akan membahas At the Farm.
·  Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bahasan.
2.      Kegiatan Inti
·  Guru meminta siswa mengerjakan latihan menulis kosakata sesuai dengan gambar.
·  Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
·  Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
3.      Kegiatan Penutup
·  Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
·  Guru mengingatkan siswa agar mereka mengingat kosakata yang dipelajari.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 2, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
a. Teknik: Tes tulis
b. Bentuk: Melengkapi kalimat dengan benar dan sesuai dengan gambar
c. Contoh instrumen:

Complete the sentences by writing the correct names of the animals based on the picture given.

There is ____________ in front of the house.
There are five ____________ in the pond.
There are two ____________ inside the barn.
There are three ____________ up on the tree.


Mengetahui,                                                       ………………,………………………
Kepala SD ……………………                        Guru Bahasa Inggris




(________________________)                         (_______________________­)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar