Jumat, 19 Agustus 2011

RPP PJOK KLS 5 SEM 2



SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007


Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya           
Kompetensi Dasar: 6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
Indikator:     
·      Cara memegang bola basket
·      Cara memantulkan bola
·      Mendribel bola dengan berjalan / berlari
·      Kombinasi gerakan dribel dan memasukan bola ke ring
·      Melakukan gerakan ches pass dan bounc pass
·      Melakukan gerakan shoting
·      Melakukan gerakan lay up
·      Cara bermain bola basket
·      Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
·      Tekhnik bertahan dan kerjasama.
I.              Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
·         Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahi strategi dalam bermain basket
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola bbesar / basket
II.            Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.   Kegiatan Inti:
Pertemuan 1
·   Melakukan  memegang bola basket
·   Melakukan memantulkan bola basket
·   Melakukan gerakan mendribel bola sambil berjalan
·   Melakukan gerakan mendribel bola dengan berlari
·   Melakukan gerakan kombinasi membawa bola dan memasukan bola ke ring



Pertemuan  2
·   Melakukan gerakan mengoper bola datar berpasangan
·   Melakukan gerakan mengoper bola dari atas kepala berpasangan
·   Melakukan gerakan shoting dari berbagai arah
·   Melakukan gerakan lay up dari berbagai arah

Pertemuan 3 sampai 5
·           Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Bermain bola basket dengan peraturan yang di modifikasi
·         Mempraktekkan kerjasama dengan system bertahan dan penyerangan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bola basket
V.   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat permainan bola besar
·         Lapangan
·         Bola basket
·         Scoring board/keset
·         Stop watch
·         Pluit

VI.      Penilaian:
A.   Tekhnik :
·   Non Tes
B.   Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
C.   Instrumen
·   Soal Praktek





















SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 [lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   6 (enam) sampai dengan 10 (sepuluh)
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya           
Kompetensi Dasar: 6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam modifikasi permainan bola kecil,  serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)

Indikator:     
·      Cara memegang raket
·      Melakukan gerakan memantulkan bola dengan raket
·      Gerakan dasar pukulan : lob, drop shot, smash
·      Melakukan gerakan memukul bola berpasangan
·      Cara bermain bulutangkis
·      Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
·      Teknik kerjasama dalam permainan
I.            Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan bulutangkis
·         Siswa dapat melakukan bermain bulutangkis  serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahi strategi dalam bermain bulutangkis
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bulutangkis
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.   Kegiatan Inti:
Pertemuan 6
·   Melakukan tekhnik pegangan raket dalam bulutangkiss
·   Melakukan gerakan memantul mantulkan kok dengan raket
·   Melakukan gerakan dasar pukulan lob, drop shot, smash

Pertemuan  7
·   Melakukan gerakan dasar pukulan lob, drop shot, smash
·   Melakukan gerakan memukul dengan berpasangan


Pertemuan 8 sampai 10
·   Bermain bulutangkis dengan peraturan yang di modifikasi
·   Melakukan tekhnik kerjasama dalam permaianan ganda dalam bulu tangkis
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bulutangkis
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat permainan bulutangkis
·         Lapangan
·         Raket
·         Shutle cock
·         Net
·         Scoring board/keset
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek




























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   11 (sebelas) dan 12 (dua belas)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya           
Kompetensi Dasar: 6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri dan kejujuran**)
Indikator:     
·      Melakukan gerakan dasar lompat tinggi dengan hitungan
·      Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan dan hitungan
·      Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan, tolakan, melayang dan mendarat tanpa alat
·      Melakukan lompat tinggi dari awalan, tolakan, melayang dan mendarat dengan alat sederhana.
I.            Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan dan memahami permainan bulutangkis
·         Siswa dapat melakukan bermain bulutangkis  serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
·         Siswa dapat memahi strategi dalam bermain bulutangkis
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Atletik [ lompat tinggi ]
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.   Kegiatan Inti:
Pertemuan 11
·   Melakukan gerakan dasar lompat tinggi tanpa awalan dengan aba aba hitungan
·   Melakukan gerakan dasar lompat tinggi dengan awalan
·   Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan dengan rintangan tali

Pertemuan 12
·   Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan, tolakan, melayang dan mendarat
·   Melakukan gerakan lompat tinggi dengan menggunakan alat yang sederhana
·   Melakukan lompat tinggi dengan alat lompat tinggi yang beralaskan busa







C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bulutangkis
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat atletik
·         Lapangan
·         Busa
·         Mistar lompat
·         Tiang mistar lompat
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek






























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima ) / I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   13 (tiga belas) dan 14 (empat belas)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya           
Kompetensi Dasar:
7.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran

Indikator:     
·     Berlari memindahkan benda berkelompok
·     Menggendong berkelompok
·     Melakukan gerakan naik turun tangga
·     Melakukan gerakan berjalan jongkok
·     Melakukan gerakan loncat-loncat ke depan
·   Berlari berbelok-belok
·   Berlari ke berbagai arah
·     Berlari dengan berbagai awalan
.
I.  Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan latihan dasar kebugaran jasmani
·         Siswa dapat melakukan peningkatan kualitas fisik
·         Siswa dapat melakukan gerakan-gerakan kebugaran
II.  Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pengembangan diri
[ Latihan kebugaran jasmani]
III.   Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 13
·   Berlari memindahkan benda beregu
·   Melakukan menggendong bertgantian berkelompok
·   Melakukan gerakan naik turun tangga
·   Melakukan gerakan berjalan sambil jongkok
·   Melakukan gerakan loncat loncat ke depan

Pertemuan 14
·   Melakukan gerakan berlari dengan arah berbelok belok
·   Melakukan gerakan berlari dengan berbagai arah ke samping, depan, belakang
·   Melakukan gerakan berlari dengan berbagai awalan, duduk, jalan di tempat, tidur dan jongkok





C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan gerakan yang dilakukan
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Lapangan
·         Bola kecil
·         Pluit
·         Stop watch

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek




















SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   15 (lima belas) dan 16 (enam belas)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian

Indikator:     
·   Melakukan gerakan berguling
·   Melakukan gerakan berlari kecil
·   Melakukan gerakan melompat
·   Melakukan gerakan rangkaian senam di mulai dari berlari, berguling dan melompat
.
I.   Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai
·         Melatih keberanian dan percaya diri.
·         Siswa dapat memahami tekhnik gerakan senam lantai
II.   Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pengembangan diri
[ Latihan kebugaran jasmani]
III.   Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 15
·     Melakukan gerakan berguling : ke depan, belakang, samping
·     Melakukan gerakan lari kecil dalam jarak tertentu
·     Melakukan gerakan melompat dengan variasi berputar

Pertemuan 16
·         Mendemonstrasikan gerakan rangkaian senam lantai di mulai dari gerakan mengangkat tangan, berlari kecil, berguling , dan melompat




C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada senam lantai dan ketangkasan
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat senam
·         Lapangan / aula
·         Matras
·         Pluit
·         Stop watch

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek






























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   17 (tujuhbelas) dan 18 (delapan belas)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
9.1  Mempraktikkan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin

Indikator:     
·   Melakukan gerakan mengayun dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan menekuk dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan menarik dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan meliuk dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan memutar dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan rangkaian senam irama dengan menggunakan pola gerak.
I.         Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik
·         Siswa dapat memahami pola gerak senam ritmik
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik dengan pola gerak
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam ritmik
[gerakan mengayun, menarik, menekuk, meliuk dan memutar]
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 17
·   Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah dan variasi dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan menekuk lutut kaki dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan menarik lengan dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan memutar badan dengan irama hitungan
·   Melakukan gerakan meliukkan badan dengan irama hitungan




Pertemuan 18
·         Melakukan gerakan rangkaian senam irama dengan menggunakan pola gerak yang terstruktur
·         Mendemonstrasikan rangkaian gerakan senam ritmik dengan kelompok



C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada
      senam ritmik
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat senam
·         Lapangan / aula
·         Tape
·         Casete
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek





























SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   19 (sembilan belas) dan 20 (dua puluh)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama,
      percaya diri, dan disiplin
Indikator:     
·   Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan hitungan
·   Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan irama musik.
I.        Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan senam kesegaran jasmani
·         Siswa dapat memahami pola gerak senam ritmik
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik dengan pola gerak
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam kesegaran jasmani

III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 19
·   Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan irama hitungan
·   Melakukan latihan senam ritmik berkelompok



Pertemuan 20
·         Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan irama musik secara missal
·         Melakukan rangkaian senam kesegaran jasmani dari tiap kelompok


C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada
Senam kesegaran jasmani
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat senam
·         Lapangan / aula
·         Tape
·         Casete
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek



































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   21(dua puluh satu) dan 22 (dua puluh dua)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung, dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
Kompetensi Dasar:
10.1 Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2   Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian
         dan percaya diri
Indikator:     
·      Melakukan gerakan meluncur
·      Memperagakan gerak ayunan lengan dalam gaya punggung
·      Melakukan  gerakan kaki dalam gaya punggung
·      Melakukan koordinasi gerakan lengan  dan kaki  gaya punggung
·   Melakukan gerakan renang gaya punggung di mulai dari gerakan meluncur.
I.     Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan senam kesegaran jasmani
·         Siswa dapat memahami pola gerak senam ritmik
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam ritmik dengan pola gerak
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·   Renang gaya punggung
III.           Metode Pembelajaran:
·   Ceramah
·   Demonstrasi
·   Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 21
·   Melakukan gerakan meluncur renang gaya punggung
·   Melakukan gerakan menempelkan ke dua kaki ke dinding kolam
·   Memperagakan gerak ayunan lengan 360 drajat di kolam
·   Melakukan gerakan kaki dari atas ke bawah bergantian di dalam air


Pertemuan 22
·   Melakukan koordinasi gerakan lengan dan kaki renang gaya punggung
·   Melakukan gerakan renang gaya punggung di awali dengan gerakan meluncur

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan renang gaya punggung

V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat senam
·         Kolam renang
·         Pelampung
·         Stop watch
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   23 (dua puluh tiga) dan 24 (dua puluh empat)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
Kompetensi Dasar:
11.1 Mempraktikkan pembuatan  rencana kegiatan penjelajahan
11.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

Indikator:     
·   Menyusun rencana / jadwal penjelajahan
·   Mengidentifikasi kesulitan yang di temukan di dalam aktivitas
·   . Mengenal tanda jejak atau sandi
·   Bekerjasama dalam kelompok
·   Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar
·   Bersikap sopan santun dalam melakukan aktivitas
·   Menjaga kebersihan lingkungan
·   Memiliki solidaritas sesame teman
·   Memakai pakaian yang sesuai
I.       Tujuan Pembelajaran:
·         Siswa dapat melakukan Penjelajahan di sekolah
·         Siswa dapat menyusun peta penjelajahan
·         Siswa dapat mengetahui sandi tanda jejak
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Penjelajahan  di sekitar sekolah
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari


B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 23
·   Melakukan penyusunan jadwal penjelajahan
·   Mengidentifikasi kesulitan yang akan di temukan di dalam aktivitas


Pertemuan 24
·   Mengenal tanda / sandi jejak dalam perjalanan
·   Melakukan kerjasama dalam kelompok
·   Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar
·   Bersikap sopan santun dalam melakukan aktivitas
·   Menjaga kebersihan lingkungan
·   Memiliki solidaritas sesame teman
·   Memakai pakaian yang sesuai
·   Melakukan pendataan barang yang harus di bawa


C.        Kegiatan Akhir
  • Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
  • Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan renang gaya punggung

V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Diktat senam
·         Kolam renang
·         Pelampung
·         Stop watch
·         Pluit

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek































SEKOLAH DASAR
Semester
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2
Tahun Pelajaran : 2006-2007

Mata Pelajaran

:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester

:  5 ( lima )/I I (dua)
   
Pertemuan ke
:   25 (dua puluh lima) dan 26 (dua puluh enam)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 12. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar:
12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
12.2 Mengenal bahaya miruman keras

Indikator:     
·     Menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan
·     Menjelaskan jenis racun pada rokok
·   Menjelaskan cara menghindari dari kecanduan merokok
·     Menjelaskan bahaya miuman keras bagi kesehatan
·     Mengidentifikasi jenis-jenis minuman keras
·   Menjelaskan cara menghindari minuman keras
I.        Tujuan Pembelajaran:
    • Siswa dapat mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan
    • Siswa dapat mengetahui bahaya minuman keras bagi kesehatan
    • Siswa dapat mengetahui cara menghindari dari pergaulan bebas
II.         Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Bahaya merokok bagi kesehatan
·         Bahaya minuman keras
III.           Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A. Kegiatan Awal:
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Tanya jawab tentang materi yang akan di ajarkan



B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 25
·   Menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan
·   Menjelaskan jenis racun yang terdapat pada rokok
·   Menjelaskan cara menghindari dari kecanduan merokok

Pertemuan 26
·   Menjelaskan bahaya minuman keras bagi kesehatan
·   Mengidentifikasi jenis jenis minuman keras yang beredar di pasar
·   Menjelaskan cara menghindari dari minuman keras Menjaga kebersihan lingkungan
·   Memiliki solidaritas sesame teman

C.        Kegiatan Akhir
  • Melakukan penilaian hasil kerja kelompok
  • Memajangkan hasil kerja kelompok

V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 5
·         Majalah kesehatan
·         Gambar-gambar

VI.  Penilaian:
a.    Tekhnik :
·   Non Tes
b.    Bentuk
·    Tes Keterampilan/Perbuatan
c.    Instrumen
·   Soal Praktek







Tidak ada komentar:

Posting Komentar