Kamis, 11 Agustus 2011

PENGANTAR WEB


PENGANTAR WEB


Banyak yang telah mengetahui semua pengetahuan dasar ini, tapi masih ada yang memerlukannya.

Saat ini, anda mengakses halaman website ini melalui jaringan Internet dan dilakukan melalui protokol HTTP. Protokol HTTP merupakan standar untuk halaman situs web. Situs web adalah kumpulan informasi dan fasilitas berupa text, gambar dan suara yang diletakkan dalam sebuah server web. Biasanya website diletakkan dalam sebuah shared server, yang disediakan oleh jasa atau layanan web hosting. Memanfaatkan fasilitas web hosting, anda dapat menempatkan file-file yang diupload dan download melalui program FTP (FTP Client), juga menyediakan informasi berupa halaman-halaman web, dan melakukan komunikasi dengan email.

Sebenarnya terdapat banyak jenis akses (layanan) di internet, yang paling populer adalah World Wide Web (HTTP atau akses situs web) dan E-Mail.

Bila anda mengambil paket web hosting, berarti harus mempelajari dasar pengelolaannya, dan apa-apa saja yang perlu diketahui? Berikut merupakan hal-hal penting yang perlu dipelajari agar lancar dalam mengelola account web hosting anda.

Komunikasi

Cara melakukan akses email, membuat account email di account web hosting dan juga di program pengelolaan email (email client, misalnya Outlook Express), dan juga cara melakukan akses email (akses ke mailbox) melalui web browser (contoh: internet explorer, firefox, dll).

Data

Upload dan download berbagai data. Pengetahuan ini diperlukan, terutama tentang cara mengoperasikan program FTP untuk meng-upload file, dan juga download file/data. Selain menggunakan program FTP, akses FTP juga dapat dilakukan melalui web browser.

Maintenance

Menggunakan cPanel (sebuah aplikasi pengelolaan fitur web hosting) untuk mengakses berbagai fitur yang tersebut dalam account web hosting, misalnya membuat account email, account FTP, mengelola file-file, backup data, mengelola database, mengintall aplikasi/scripts, mengelola domain tambahan atau sub-domain, memeriksa kapasitas terpakai dan tersisa, dan lain-lain.


Dengan memiliki website anda dapat :
1. Memperluas Ruang Promosi
Sebagai Media Komunikasi dan Wadah Penyedia berbagai Informasi maka website dapat digunakan sebagai sarana pendukung promosi dari suatu perusahaan. Selain katalog, brosur maupun iklan di media cetak, dengan memiliki website di internet anda dapat memperluas jaringan promosi sebuah perusahaan.

Sebagai alat pendukung promosi, website mempunyai keuntungan sebagai berikut :

* Informasi lebih detail dan tuntas dari produk dan jasa. Hal ini terlihat jika dibandingkan dengan iklan (yang mempunyai space terbatas). Sebagai contoh pada sebuah brosur biasanya penjelasan yang diterima hanya berupa pokok-pokok dari produk sebuah perusahaan, tetapi di website pengunjung website dapat mendapat detil spesifikasi dari produk tersebut.
* Tampilan yang baik akan memberikan akan memberi image yang baik dan menarik bagi calon klien.
* Isi yang selalu up to date. Para pengunjung website akan selalu menerima informasi yang up to date dari perusahaan.
* Salah satu identitas. Saat ini alamat website menjadi salah satu identitas.

2. Mempermudah Komunikasi
Agar dapat saling berkomunikasi dengan para klien atau customer, perusahaan dapat menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang berada dalam website.
3. Berinteraksi
Website dapat dijadikan ajang interaksi dengan para pengunjung website antara lain dapat dijadikan ajang jual-beli, forum diskusi, upload/download file dan lain sebagainya. Jadi disini fungsi website bukan hanya sebagai wadah penyedia informasi saja.

Tujuh alasan mengapa saat ini website perlu dimiliki antara lain adalah :
1. Menghemat uang dalam advertising.
Anda tidak perlu membayar mahal untuk sebuah iklan atau mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan sebuah brosur dan menyebarkannya. Cukup hanya dengan mengiklankan alamat website kemudia memasukkan informasi bisnis ke dalam website.

2. Menghasilkan uang melalui toko online.
Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka jalur distribusi suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung dapat langsung membeli produk yang dijual melalui internet.

3. Kemudahan dalam penyampaian pesan.
Melalui website pesan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah dan up to date.

4. Menghemat dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dapat secara mudah dikirim kepada customer melalui email dan website.

5. Peluang mendapatkan customer lebih besar.
Jangkauan klien bertambah, tidak hanya lokal, tetapi nasional bahkan pasar global.

6. Mempunyai image lebih profesional.

7. Menghemat waktu.


Sebuah artikel memaparkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dari suatu website antara lain adalah

1. Desain Website.
Desain website harus kelihatan menarik namun sesuai dengan tujuan website yang dibangun. Image positioning, navigasi yang mudah dan tidak membingungkan, materi yang jelas namun tidak membosankan serta faktor kecepatan mengakses website merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan.

2. Content/Isi Website
Isi harus sesuai dengan tujuan website, selain itu berikan hal-hal yang dapat membuat pengunjung website proaktif, misalnya dengan fasilitas download, games, forum atau survey dan lain-lain.


PENGERTIAN WEB HOSTING

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet salah satunya adalah IndoGlobalWeb yang menawarkan jasa WebHosting Terbaik.



Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :

Seperti telah dijelaskan diatas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, dan lain-lain.

Mengapa Perlu Web Hosting :

Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnins perorangan atau perusahaan, dan kami IndoGlobalWeb hadir untuk kebutuhan anda tersebut,



Dimana menyewa Web Hosting :

Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia, salah satu yang terbaik dan termurah yaitu IndoGlobalWeb.



Teknologi apa yang digunakan :


Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan.



Bagaimana cara Memiliha Web Hosting :

Untuk memilih jasa WebHosting terbaik sesuai kebutuhan anda, pertama anda harus mengetahui apa kebutuhan anda, pilihlah space web hosting sesuai kebutuhan, dan jangan lupa memperhatikan harganya, kedua, jika target pengunjung web anda nantinya sebagian besar berada di indonesia maka pilihlah webhosting dengan server di indonesia atau biasa di sebut IIX.


Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Awalnya, web browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar.

Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia. Browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengolah bahasa HTML sebahai input dan menjadikan halaman web sebagai output yang informatif.

Contoh web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, netscape, dll.

Hal yang perlu diketahui dalam penjelajahan internet adalah pemahaman struktur alamat web,

misalkan http://www.google.com maka alamat tersebut dapat diartikan :

~ http : service transfer web (protokol)
~ www : jaringan situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web
~ google : nama wilayah (domain) , yaitu nama sebagai institusi sebuah web
~ com : nama akhir domain, biasanya menunjukkan bidang situs tersebut

beberapa domain name :
- co, com : perusahaan komersial
- net : perusahaan networking
- org, or : organisasi nonprofit atau yayasan
- edu, ac, sch : lembaga pendidikan
- mil : lembaga militer

Warna, tipografi, ilustrasi dan interaksi

Halaman Web biasanya mencakup informasi mengenai warna teks dan latar belakang dan sangat sering juga mengandung link ke gambar dan kadang-kadang media lain untuk dimasukkan dalam pandangan akhir.. Layout, tipografi dan warna-skema Informasi ini disediakan oleh Cascading Style Sheet (CSS) petunjuk, yang dapat dimasukkan dalam HTML atau dapat diberikan oleh file terpisah, yang direferensikan dari dalam HTML. Kasus terakhir adalah sangat relevan di mana salah satu stylesheet panjang relevan dengan keseluruhan situs web: karena cara kerja HTTP, browser hanya akan men-download sekali dari web server dan menggunakan cache untuk menyalin seluruh situs.. Gambar akan disimpan di web server sebagai file terpisah, tapi sekali lagi HTTP memungkinkan karena fakta bahwa sekali di-download ke halaman Web browser, sangat mungkin bahwa file terkait seperti foto dan stylesheet yang akan diminta sebagai diproses. Sebuah HTTP 1.1 web server akan tetap tersambung dengan browser hingga semua sumber daya terkait telah diminta dan diberikan. Web browser biasanya membuat gambar bersama dengan teks dan materi lain pada halaman web yang ditampilkan.

Browsers

. Sebuah browser web dapat memiliki Graphical User Interface, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome dan Opera, atau dapat berbasis teks, seperti Lynx.

 pengguna dapat menonaktifkan download dan penampilan gambar dan media lain, untuk menghemat waktu, bandwidth jaringan atau hanya untuk menyederhanakan pengalaman browsing.. Pengguna perangkat mobile seringkali telah membatasi menampilkan dan bandwidth.. Siapapun dapat memilih untuk tidak menggunakan font, ukuran font, gaya dan skema warna yang dipilih oleh perancang halaman Web dan dapat menerapkan CSS styling mereka sendiri ke halaman.

. The World Wide Web Consortium (W3C) dan Web Accessibility Initiative (WAI) merekomendasikan bahwa semua halaman Web harus dirancang dengan semua pilihan ini dalam pikiran.



 disandur dari beberapa blog dan wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar