RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS IV
SEMESTER 1
Mata Pelajara : Teknologi Informasi dan komunikasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
II. Kompetisi Dasar :
Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
III. Indikator :
- Mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti, Faximile, telepon, hand phone, komputer, audio visual dan internet
- Mendeskrifsikan pengaruh positif dan negative penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
- Memahami fungsi dari penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan komunikasi
IV Tujuan Pembelajaran :
mampu mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan komputer
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mendengarkan penjelasan tentang fungsi dari Teknologi informasi dan komuniukasi
- menyebutkan perangkat informasi yang ada di sekitar sekolah dan fungsinya
7.3. Kegiatan Akhir :
- memeriksa catatan dan mendatangani
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Pengenalan komputer Elek Media
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Test lisan
9.2. Bentuk: : Non obyektif
9.3. Instrumen : -
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
........................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
II. Kompetisi Dasar :
Mengidentifikasi perangkat-perangkat yang digunakan dan fungsinya
III. Indikator :
- Memahami cara menghidupkan dan mematikan komputer secara prosedur
- Menjelaskan definisi komputer
- Menunjukkan perangkat keras komputer (hardware) serta fungsinya
- Memahami perangkat lunak (software) dan fungsinya
- Menjelaskan perangkat manusia (brainware) dan fungsinya
IV Tujuan Pembelajaran :
Mampu mengenal elemen-elemen pendukung teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Pengenalan komputer
VI. Matode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- Mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- mencatat elemen-elemen pendukung komputer (Hardware,software dan brainware
- mendengarkan penjelasan Hardware,software dan brainware
- menunjukan elemen-elemen yang termasuk perangkat keras (CPU,Monitor, keyboard, hardisk, mouse, disket, Spiker, dll)
7.3. Kegiatan Akhir :
- memberikan tugas di rumah
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Pengenalan komputer
IX Penilaian
9.1. Teknik: : Tes Lisan
9.3. Instrumen :
- Apa yang dimaksud dengan komputer
- Sebutkan alat komunikasi yang kamu ketahui
- Sebutkan 3 elemen pendukung komputer
- Sebutkan 3 buah contoh perangkat keras dan lunak
- Apa fungsi CPU, monitor, keyboard, disket
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
........................... ............................................
NIP: NIP :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetisi :
Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker
II. Kompetisi Dasar :
Mengenal perangkat lunak (software) untuk menggambar
III. Indikator :
- Memahami cara membuka dan mengahiri sytem picture maker
- Menunjukkan area-area pada tampilan layar picture maker ( menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, buttotn status area,drawaing area )
- Memahami fungsi dari area-area pada picture maker ( menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, button status area, drawing area )
IV Tujuan Pembelajaran :
Mampu menggambar dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
V Materi Ajar (Materi Pokok) :
Cara menjalankan perangkat lunak Picture Maker dan pengenalannya
VI. Matode Pembelajaran :
Test Tulisan
VII. Langkah-langkah pembelajaran
7.1. Kegiatan Awal :
- mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
- mengabsen siswa
7.2. Kegiatan Inti :
- Membakikan soal
- Menjelaskan cara pengisian
- Siswa menjawab pada lembaran soal yang sudah disediakan
7.3. Kegiatan Akhir :
- mengumpulkan hasil jawaban
- membereskan kursi
- berdo’a dan mengucapkan salam
VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Diktat story Baird Live dan perangkat komputer
IX Penilaian
9.1. Teknik: :
9.2. Bentuk: : Praktek
9.3. Instrumen : Demontrasi
........, ................................2008
Mengetahui Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah
................................... ............................................
NIP: NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar