Follow by Email

Kamis, 18 Agustus 2011

RPP SBK KLS 4 SEM 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
·         Melakukan pengamatan seni rupa murni
·         Menjelaskan makna  seni rupa murni
·         Menyebutkan contoh seni rupa murni
·         Mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa murni yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
·         Menjelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi.
·         Menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Mendokumentasikan) contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·         Mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat melakukan pengamatan seni rupa murni
  • Siswa mampu menyimak dan menjelaskan tentang makna  seni rupa murni
  • Siswa dapat melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa murni
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa murni yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat melakukan  pengamatan model  dan diskusi serta siswa dapat menjelaskan ciri-ciri seni rupa murni yang ada di daerahnya masing-masing.
  • Siswa dapat melakukan pengamatan pada model dan siswa dapat menjelaskan beberapa jenis seni rupa murni yang pernah diamati.
  • Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
  • Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
  • Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi.

II.   Materi Ajar
a.       Seni Rupa Murni
b.       Mengenal seni rupa murni

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Memperlihatkan karya seni rupa murni melalui majalah atau Koran yang dibawa oleh guru

 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa murni, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
2.       Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
3.       Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
4.       Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
5.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
6.      Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan pengamatan untuk setiap kelompok
2.       Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
3.       Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua dan tiga dimensi karya seni rupa murni sederhana

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa







VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.



   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi dan pengamatan
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
 9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
·         Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni
·         Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·         Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Melalui pengamatan model yang diperlihatkan guru, siswa menyampaikan apresiasinya terhadap keartistikan sebuah karya seni rupa murni.
  • Menjelaskan kesesuaian bentuk dan keserasian dalam seni rupa yang diamati.
  • Melalui contoh dan bimbingan guru, siswa membuat karya seni rupa berupa gambar dengan motif batik tulis yang dikerjakan dalam buku gambar.
  • Menyampaikan tanggapan / apresiasi terhadap karya seni rupa hasil sendiri maupun orang lain.

II.   Materi Ajar
c.  Nilai Artistik sebuah karya seni rupa

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menggambar
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis




IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas

 Kegiatan Inti
1.      Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada
4.      Mengarahkan siswa untuk membuat gambar motif batik tulis
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa, dan mengumpulkan hasil karya siswa
2.      Tugas membawa alat mewarnai, dan benda tiga dimensi


V.   Sumber/Alat/Bahan

·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Buku gambar dan pinsil warna (krayon)



VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.




  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar.














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 4 – 6
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
10. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         


Indikator :
  • Menjelaskan bentuk dasar relief

  • Menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
  • Membuat relief dengan pola motif hias
  • Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·         Memajangkan/ mema-merkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.


I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan bentuk dasar relief

  • Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
  • Siswa mampu membuat relief dengan pola motif hias
  • Siswa dapat Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Siswa dapat mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
  • Siswa mampu memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.


II.   Materi Ajar
d. Gambar ilustrasi/ kreatif dalam menggambar dengan pola motif hias.




III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.      Mengarahkan siswa untuk menggambar dengan pola motif hias.
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa hasil karya siswa
2.      Tes unjuk kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
  • Bahan dan alat yang digunakan: malam, sabun, pisau/catter

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.




  Bentuk penilaian
1.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
2.    Unjuk kerja : melakukan kegiatan praktik
3.       Produk (hasil kerja) : gambar tiga dimensi.

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 7 – 8
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
11. Mengapresiasi Karya Seni Musik

Indikator :
  • Mengetahui arti dinamika dalam musik
  • Membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
  • Mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
  • Mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis

I.   Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa dapat mengetahui arti dinamika dalam musik
2.       Siswa dapat membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
3.       Siswa dapat mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
4.       Siswa dapat mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis

II.   Materi Ajar
a. Dinamika Dalam Seni Musik

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menonton/menyimak sebuah pertunjukkan
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan





IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Memutar CD contoh lagu
6.    Melihat pertunjukan melalui VCD musik melodis
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Setiap siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi alat musik melodis yang sudah dilihat dalam pertunjukan
4.       Siswa ditugaskan untuk menceritakan melalui tulisan macam-macam alat musik melodis tersebut
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa tulisan siswa
2.       Mempersiapkan salah satu buah lagu

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD ansambel
·         VCD/tape recorder

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.







   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : Melakukan kegiatan menonton dan diskusi kelompok
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas dan hasil diskusi





















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 9 – 11  
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan Diri Melalui Karya  Seni Musik

Indikator :
·         Memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
  • Siswa dapat menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
  • Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis

II.   Materi Ajar
b. Bermacam-macam tanda dinamik dan alat musik melodis

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes unjuk kerja






IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.      Memeriksa tugas
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan sedikit penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Memberikan contoh kepada siswa  cara memainkan alat musik melodis (demonstrasi)
4.       Megarahkan kepada siswa untuk mengikuti secara bertahap
5.       Mengarahkan kepada siswa untuk melakukannya secara keseluruhan, dan berulang-ulang
☺ Kegiatan Akhir

1.       Mempersiapkan salah satu lagu anak-anak, dan lagu daerah
2.       Memberikan tugas membuat kliping


V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD musik melodis
·         VCD/tape recorder
·         Alat-alat rumah tangga (dapur)


VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.









   Bentuk penilaian
a.       Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b.      Unjuk kerja : Melakukan praktik secara individu.
c.       Produk (hasil kerja) : test unjuk kerja tentang memainkan alat musik melodis.
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 12
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI TARI
13.  Mengapresiasi Karya Seni  Tari

Indikator :
·         Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara dari berbagai daerah

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Siswa mampu memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Siswa dapat menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara dari berbagai daerah

II.   Materi Ajar
a. Tari Nusantara

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Praktik
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan






IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Mengarahkan siswa untuk membuat kelompok
6.      Memperlihatkan pertunjukan melalui VCD tari
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
3.       Mengarahkan setiap kelompok  mengidentifikasi hubungan elemen dalam salah satu tarian yang sudah ditonton
4.      Mendeskripsikan tari nusantara melalui tulisan
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memeriksa tulisan setiap kelompok
2.       Memberi tugas untuk membuat kliping tentang tarian Nusantara


V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan menonton/menyimak film dokumenter.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan praktik.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.








   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b. Unjuk kerja : mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru secara kelompok.
c. Produk (hasil kerja) : test praktik melalukan tarian Nusantara.
























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 13 – 14  
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI TARI
14.  Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari

Indikator :
  • Melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
  • Mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
  • Mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
  • Menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
  • Siswa dapat mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
  • Siswa dapat mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
  • Siswa mampu menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton

II.   Materi Ajar
b. Tari Nusantara dan iringan tari Nusantara

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Pertunjukkan
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
    - Melatih sebuah tarian Nusantara untuk setiap kelompok
4. Praktik

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.      Memperlihatkan pertunjukan tari daerah melalui VCD tari
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Setelah menonton pergelaran tari Nusantara siswa memilih salah satu daerah secara kelompok
3.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
4.       Memberikan contoh tari
5.       Mengarahkan siswa untuk mengikuti secara bertahap, dan berulang-ulang
6.       Mengarahkan setiap kelompok  berlatih
7.      Menampilkan tarian daerah secara kelompok
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tugas berlatih tari secara kelompok


V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 


VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.






   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan gerakan tari secara individu.
c. Produk (hasil kerja) : test praktik melalukan tarian Nusantara.


































ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 15
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
15.  Mengapresiasi karya kerajinan

Indikator :
  • Mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
  • Membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
  • Mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·         Siswa dapat membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·         Siswa dapat mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat

II.   Materi Ajar
a. Aneka Kerajinan Daerah Setempat

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Test tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Menyiapkan siswa pergi ke toko kerajinan.

 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Siswa diberi lembaran kerja
3.       Melakukan pengamatan ke toko kerajinan
4.       Mengidentifikasi jenis kerajinan dan contoh tiap-tiap daerah
5.       Siswa kembali ke sekolah dan mendiskusikan mencari contoh kerajinan yang ada di daerah setempat pada Koran dan majalah dan dijadikan sebuah kliping.
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memberi tugas untuk membuat kliping untuk setiap kelompok.

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Hasta Karya
·         Gambar dan foto karya
·         Wisata alam ke toko kerajinan

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan diskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa bercerita.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : kunjungan ke tempat kerajinan setempat
c. Produk (hasil kerja) : kliping





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 16 – 17
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
16.    Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi

Indikator :
·         Merancang aneka kerajinan dengan motif natural
·         Menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel
·         Mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan
·         Membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu merancang aneka kerajinan dengan motif natural
·         Siswa dapat menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel
·         Siswa dapat mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan
·         Siswa mampu membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat

II.   Materi Ajar
b. Beberapa Hasil Kerajinan dari Bahan Alam

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memperlihatkan contoh-contoh hasil kerajinan dari bahan alam
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Mengarahkan siswa membuat  kerajinan dari bahan alam
3.       Mengarahkan siswa untuk menjelaskan keistimewaan dan manfaat kerajinan dari bahan alam
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tes Unjuk Kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Majalah Art and Decor
·         Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
·         Bahan alam, seperti: batu, daun

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan praktik.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa praktik..

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.








   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : mengumpulkan tugas hasil praktik.
c. Produk (hasil kerja) : Hasta karya dari bahan alam.


















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 18 – 19 
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
16.  Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi


Indikator :
  • Mengetahui bermacam-macam benda konstruksi
  • Merancang benda dengan teknik kobstruksi
  • Menyiapkan alat dan bahan
  • Mengetahui langkah-langkah pembuatan benda konstruksi
  • Membuat benda dengan teknik konstruksi

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengetahui bermacam-macam benda konstruksi
  • Siswa mampu merancang benda dengan teknik kobstruksi
  • Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan
  • Siswa dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan benda konstruksi
  • Siswa mampu membuat benda dengan teknik konstruksi

II.   Materi Ajar
b. Beberapa Hasil Kerajinan dari Bahan Alam

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi


IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memperlihatkan contoh-contoh Hasil Kerajinan dari Bahan Alam
 Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Mengarahkan siswa membuat  kerajinan dari bahan alam
3.       Mengarahkan siswa untuk menjelaskan keistimewaan dan manfaat kerajinan dari bahan alam
☺ Kegiatan Akhir

1.       Tes Unjuk Kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Majalah Art and Decor
·         Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
·         Bahan alam, seperti: batu, daun

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan praktik.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa praktik..
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

   Bentuk penilaian
a. Tes tulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : mengumplkan tgas hasil praktik.









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar