RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD / MI KELAS II
SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 1 [ satu ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 6.1 Mempraktikkan latihan dasar untuk meningkatkan kekuatan otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan | ||||
Indikator: · Melakukan gerakan saling mendorong bahu berpasangan · Melakukan gerakan menarik dan merentangkan tangan · Melakukan gerakan push up dengan control yang baik · Melakukan gerakan menggendong teman berpasangan · Melakukan gerakan back up dengan control yang baik · Melakukan gerakan mendorong dengan benda/alat. | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Latihan kekuatan otot dada dan punggung | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
Pertemuan I · Melakukan gerakan saling mendorong bahu berpasangan · Melakukan gerakan menarik dan merentangkan tangan dengan irama hitungan · Melakukan gerakan push up dengan control yang baik · Melakukan gerakan menggendong teman berpasangan · Melakukan gerakan back up dengan control yang baik · Melakukan gerakan mendorong dengan benda/alat | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | ||||
VI. Penilaian: A. Tekhnik : · Non Tes B. Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 2 [ dua ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan | ||||
Indikator: · Melakukan gerakan merenggut- renggutkan leher ke depan dan ke belakang dengan hitungan · Melakukan gerakan merenggut renggutkan leher ke samping kiri dan kanan · Melakukan gerakan memalingkan kepala ke kiri dan ke kanan dengan control yang baik · Melakukan gerakan memutarkan kepala dengan control yang baik · Melakukan variasi gerakan peregangan lengan dengan control yang baik · Melakukan gerakan memutarkan bahu dengan control yang baik | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Latihan kelentukan | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 2 · Melakukan gerakan merenggut- renggutkan leher ke depan dan ke belakang · Melakukan gerakan merenggut renggutkan leher ke samping kiri dan kanan · Melakukan gerakan memalingkan kepala ke kiri dan ke kanan dengan control yang baik · Melakukan gerakan memutarkan kepala dengan control yang baik · Melakukan variasi gerakan peregangan lengan dengan control yang baik · Melakukan gerakan memutarkan bahu dengan control yang baik | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | ||||
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 3 [ tiga ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 7. Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 7.1 Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan | |
Indikator: · Melakukan gerakan Lompat lompat di tempat dengan control yang baik · Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara · Melakukan gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik · Melakukan gerakan melompat sambil berputar dengan rintangan · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak senam ketangkasan · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Senanm ketangkasan | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B.Kegiatan Inti: Pertemuan 3 · Melakukan gerakan Lompat lompat di tempat dengan hitungan dan control yang baik · Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara · Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara [ hitungan satu sampai tiga di tempat hitugan empat berputar ] · Melakukan gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik · Melakukan gerakan melompat sambil berputar dengan rintangan | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 4 [ empat ] dan 5 [ lima ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 7. Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 7.2 Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik | |
Indikator: · Melakukan gerakan tidur terlentang ke dua kaki di tarik kebelakang di lakukan berulang ulang · Melakukan gerakan berguling ke samping · Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik · Melakukan gerakan ,berjalan, berguling ke depan dengan control yang baik · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak senam ketangkasan · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Senam ketangkasan berguling ke depan | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 4 · Melakukan gerakan tidur terlentang ke dua kaki di tarik kebelakang di lakukan berulang ulang · Melakukan gerakan berguling ke samping kiri · Melakukan gerakan berguling ke samping kanan · Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik · Melakukan gerakan ,berjalan, berguling ke depan dengan control yang baik Pertemuan 5 · Mendemonstrasikan gerakan berguling yang baik · Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik · Melakukan gerakan ,berjalan, berguling ke depan dengan control yang baik | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 6 [ enam ] dan 7 [ tujuh ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 8. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | ||||
Kompetensi Dasar: 8.1.Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan atau tanpa musik, serta nilai kerjasama, dan disiplin | ||||
Indikator: · Bergerak mengikuti irama menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor · Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai dimensi ruang · Melakukan variasi gerak langkah ayunan melompat meloncat memutar sesuai irama dan dimensi ruang · Melakukan gerakan rangkaian berjalan,berlari melompat berjingkat dan berputar mengikuti irama sesuai dimensi ruang · | ||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak senam irama · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melakukan mengikuti pola langkah dengan baik · | ||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Senam irama sederhana | ||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||
A. Kegiatan Awal:
| ||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 6 · Bergerak mengikuti irama menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor · Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai dimensi ruang · Melakukan variasi gerak langkah ayunan melompat meloncat memutar sesuai irama dan dimensi ruang · Melakukan gerakan rangkaian berjalan,berlari melompat berjingkat dan berputar mengikuti irama sesuai dimensi ruang Pertemuan 7 · Melakukan gerakan senam irama berkelompok / berpasangan · Melakukan gerakan rangkaian berjalan,berlari melompat berjingkat dan berputar mengikuti irama sesuai dimensi ruang | ||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat senam · Tape · casete · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | ||||
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 8 [ delapan ] dan 9 [ sembilan ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 8. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musik, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya | |
Kompetensi Dasar: 8.2 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerjasama, dan disiplin | |
Indikator: · Melakukan gerakan senam ritmik menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor · Memperbaiki gerakan yang salah · Memperagakan gerakan senam irama secara berkelompok | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak senam irama · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat melakukan mengikuti pola langkah dengan baik | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Senam iramat | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 8 · Melakukan gerakan senam ritmik menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor · Memperbaiki gerakan yang salah · Memperagakan gerakan senam irama secara berkelompok Pertemuan 9 · Latihan Memperagakan gerakan senam irama secara berkelompok · Memperagakan gerakan senam irama secara per kelompok | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat senam · Tape · casete · Lapangan · Stop watch · Pluit · Kapur line/tali | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 10 [ sepuluh ] |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*) | ||||||
Kompetensi Dasar: 9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai untuk mengangkat tubuh di dalam air | ||||||
Indikator: · Memperagakan tekhnik dasar pengambilan napas · Masuk ke dalam kolam renang dengan berpegangan · Menggerakan tungkai sambil memegang dinding kolam · Menggerakan tarikan lengan di dalam air | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak renang · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Melatih keberanian dan percaya diri | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Gerak dasar renang | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 10 · Memperagakan tekhnik dasar pengambilan napas · Masuk ke dalam kolam renang dengan berpegangan · Menggerakan tungkai sambil memegang dinding kolam · Menggerakan tarikan lengan di dalam air | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat renang · pelampung · kolam renang · Stop watch · Pluit | ||||||
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 11 [ sebelas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*) | ||||||
Kompetensi Dasar: 9.2 Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain, serta nilai kebersihan | ||||||
Indikator: · Mengontrol keseimbangan tubuh di dalam air · Memperagakan keterampilan tekhnik menginjak-injak air · | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerak renang · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Melatih keberanian dan percaya diri | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Keseimbangan tubuh dan penyelamatan di air | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 11 · Mengontrol keseimbangan tubuh di dalam air · Melakukan gerakan keseimbangan di kolam renang dengan menggunakan pelampung · Menggerakan gerakan kaki dengan menggerakan kaki ke depan dan belakang bergantian dengan posisi duduk di pinggir kolam · Memperagakan keterampilan tekhnik menginjak-injak air · Melakukan mengambang di air ke dua tangan di bahu | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat renang · pelampung · kolam renang · Stop watch · Pluit | ||||||
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 12 [ dua belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*) | ||||||
Kompetensi Dasar: 9.3 Mempraktikkan gerak dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan bernapas, serta nilai disiplin | ||||||
Indikator: · Menyelam ke dalam air · Melakukan gerakan mengapung di dalam air dengan bantuan pelampung · Memperagakan tekhnik pengambilan napas · Memperagakan tekhnik gerak dasar berenang dengan koordinasi gerak tangan dan kaki | ||||||
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan gerakan renang · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Melatih keberanian dan percaya diri · Siswa dapat meyelam dengan mata terbuka | ||||||
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Tekhnik mengapung di dalam air | ||||||
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | ||||||
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : | |||||
A. Kegiatan Awal:
| ||||||
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 12 · Menyelam di dalam air dengan mata terbuka · Melakukan gerakan mengapung di dalam air dengan bantuan pelampung · Memperagakan tekhnik pengambilan napas · Memperagakan tekhnik gerak dasar berenang dengan koordinasi gerak tangan dan kak | ||||||
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| ||||||
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Diktat renang · pelampung · kolam renang · Stop watch · Pluit | ||||||
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek | ||||||
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | ||||
| SEKOLAH DASAR | Semester | ||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | ||||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 13 [ tiga belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) | |
Kompetensi Dasar: 10.1 Mempraktikkan berbagai aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan | |
Indikator: · Mengenal lokasi mereka berada dengan sketsa di lingkungan sekolah · Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah · Melakukan keterampilan memilih tempat yang aman dan nyaman untuk bermain · Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan aktivitas | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan aktifitas di sekitar lingkungan sekolah · Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani. · Siswa dapat bersosialisasi dengan teman temannya · Siswa dapat menjaga kebersihan di sekitar lingkungan sekolah | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Membaca Peta | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 13 · Mengenal lokasi mereka berada dengan sketsa di lingkungan sekolah · Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah · Melakukan keterampilan memilih tempat yang aman dan nyaman untuk bermain · Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam melakukan aktivitas | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Denah sekolah · Rambu rambu · Peraturan sekolah | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 14 [ empat belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) | |
Kompetensi Dasar: 10.2 Mengikuti rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin | |
Indikator: · Mengenal rambu rambu yang di buat · Melakukan perjalanan bolak balik mengikuti simbul / tanda · Bekerjasama dengan orang lain dalam melakukan tugas | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan aktifitas di sekitar lingkungan sekolah · Siswa dapat mengetahui rambu rambu yang di buat oleh sekolah · Siswa dapat bersosialisasi dengan teman temannya · Siswa dapat menjaga kebersihan di sekitar lingkungan sekolah | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Membaca Peta | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 14 · Mengenal rambu rambu yang di buat oleh sekolah · Melakukan perjalanan bolak balik mengikuti simbul / tanda · Bekerjasama dengan orang lain dalam melakukan tugas | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Denah sekolah · Rambu rambu · Peraturan sekolah · | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) | |||
| SEKOLAH DASAR | Semester | |||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | ||||
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... | |||||
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 15 [ lima belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***) | |
Kompetensi Dasar: 10.3 Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu yang sesuai | |
Indikator: · Membiasakan menggunakan pakaian sesuai dengan kebutuhan · Menggunakan sepatu yang disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dilakukan · Mengetahui manfaat pakaian dan sepatu untuk tubuh · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat melakukan aktifitas di sekitar lingkungan sekolah · Siswa dapat mengetahui rambu rambu yang di buat oleh sekolah · Siswa dapat bersosialisasi dengan teman temannya · Siswa dapat menjaga kebersihan di sekitar lingkungan sekolah · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Nilai dan sikap | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Demonstrasi · Praktek | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 15 · Membiasakan menggunakan pakaian sesuai dengan kebutuhan · Menggunakan sepatu yang disesuaikan dengan kebutuhan yang akan dilakukan · Mengetahui manfaat pakaian dan sepatu untuk tubuh | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Denah sekolah · Rambu rambu · Peraturan sekolah | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Non Tes B Bentuk · Tes Keterampilan/Perbuatan C. Instrumen · Soal Praktek |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 16 [enam belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 11. Menerapkan budaya hidup sehat | |
Kompetensi Dasar: 11.1 Menjaga kebersihan tangan dan kaki | |
Indikator: · Menyebutkan fungsi tangan dan kaki · Menyebutkan penyakit yang di akibatkan oleh tngan yang kotor · Manfaat menjaga kebersihan tangan dan kaki · Menyebutkan cara membersihkan tangan dan kaki · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat menjaga kebersihan tangan dan kaki · Siswa dapat membiasakan diri membersihkan tangan dan kaki sebelum tidur · | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Kebersihan tangan dan kaki | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Diskusi · | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 16 · Menyebutkan fungsi tangan dan kaki dalam kehidupan · Menyebutkan penyakit yang di akibatkan oleh tngan yang kotor · Manfaat menjaga kebersihan tangan dan kaki · Menyebutkan cara membersihkan tangan dan kaki | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku Kesehatan · Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Tes B Bentuk · Tes tulis C. Instrumen · Soal tes |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
| SEKOLAH DASAR | Semester |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | 2 | |
Tahun Pelajaran : ..... s/d ...... |
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Kelas/Semester | : 2 [ dua ] / 2 [ dua ] |
Pertemuan ke | : 17 [ tujuh belas ] |
Alokasi Waktu | : 2 x 35 Menit |
Standar Kompetensi: 11. Menerapkan budaya hidup sehat | |
Kompetensi Dasar: 11.2 Mengenal cara makan sehat | |
Indikator: · Menyebutkan kegunaan makan · Menyebutkan makanan yang sehat · Menyebutkan cara makan yang sehat · | |
I. Tujuan Pembelajaran: · Siswa dapat menjaga kebersihan tangan dan kaki · Siswa dapat membiasakan diri membersihkan tangan dan kaki sebelum tidur · Siswa dapat mengetahui dan membiasakan etika makan yang sehat | |
II. Materi Ajar (Materi Pokok): · Makan yang sehat | |
III. Metode Pembelajaran: · Ceramah · Diskusi · | |
IV. Langkah-langkah Pembelajaran | : |
A. Kegiatan Awal:
| |
B. Kegiatan Inti: Pertemuan 17 · Menyebutkan kegunaan makan untuk kesehatan · Menyebutkan makanan yang sehat dan bergizi · Menyebutkan cara makan yang sehat | |
C. Kegiatan Akhir / Penenangan
| |
V. Alat dan Sumber Belajar: · Buku Penjaskes · Buku Kesehatan · Gambar yang ada hubunganya dengan pembelajaran | |
VI. Penilaian: A.Tekhnik : · Tes B Bentuk · Tes tulis C. Instrumen · Soal tes |
Mengetahui, Kepala SD/MI ……………………… (__________________________) | | …….……..,…………………………. Guru Pendidikan jasmani Olahraga & Kesehatan (_______________________) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar